Jumat, 07 Mei 2021 |
Tekno

Takut Akun Media Diretas? Coba Cara Ini

Jumat, 17 Feb 2017 | 13:03 WIB Dibaca: 925 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Pada saat login, pengguna tentunya memasukkan username dan password. Password menjadi bagian terpenting yang hanya boleh diketahui sang pemilik akun.

Dikarenakan pentingnya password atau kata kunci tersebut, maka pengguna harus memiliki password yang bersifat kuat, agar tidak mudah dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Situs Connectsafely, Kamis (16/2/2017), melaporkan bahwa password yang kuat merupakan pertahanan pertama terhadap penyusup dan penipu. Berikut ini tips agar sebuah akun internet aman dari serangan peretas.

Tidak Memberikan Password kepada Siapa pun
Jangan pernah memberikan password kepada siapa pun, termasuk teman, bahkan sahabat dekat sekalipun. Sangat berisiko bila orang lain mengetahui password Anda. Apabila password-nya diketahui orang lain, maka segera ubah dengan yang baru.

Jangan Gunakan Satu Password
Bila pengguna memiliki satu password favorit dan dipakai untuk login pada akun tertentu, maka ada kemungkinan seseorang mengetahuinya dan coba membuka akun Anda yang lain.

Buat Password yang Tidak Mudah Ditebak
Pengguna bisa membuat password yang mudah, tetapi secara detail hanya Anda yang tahu susunan karakternya. Pengguna bisa memakai susunan huruf-huruf unik, sehingga orang lain sangat sukar menerka password Anda.

Buat Password Minimal Delapan Karakter
Semakin panjang password maka makin bagus. Akan tetapi, password yang panjang cenderung membuat pengguna lupa apabila tidak dicatat. Dengan membuat password yang cukup panjang, minimal delapan karakter, maka semakin menyulitkan orang lain bila hendak masuk ke akun pengguna. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Takut Akun Media Diretas? Coba Cara Ini
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top