Selasa, 18 Desember 2018 |
News Room

Tak Terima Rekannya Dimutasi, Ratusan Buruh di Serang Demo 

Senin, 15 Mei 2017 | 14:45 WIB Dibaca: 1961 Pengunjung

buruh yang tergabung dalam SPSI Kota Serang demo dikantor PT. Sayap Mas Utama (SMU), Pakupatan, Kota Serang, Banten, Senin (15/5/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Tidak terima rekannya di mutasi secara sepihak oleh pihak perusahaan, ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Serang menggelar aksi demo dikantor PT. Sayap Mas Utama (SMU), Pakupatan, Kota Serang, Banten, Senin (15/5/2017).

Dalam aksinya tersebut, ratusan buruh menuntut kepada pihak perusahaan untuk mencabut surat mutasi yang diberikan kepada karyawan PT SMU yang bernama Haerudin.

Wakil Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Serang, Ahmad Fauji menjelaskan, mutasi kerja yang dilakukan perusahaan PT. SMU Depo Serang ke PT. SMU Depo Malingping telah menyalahi peraturan.

"Dari keterangan management PT.SMU Depo Serang, latar belakang mutasi tersebut terkait absensi buruk yang bersangkutan. Padahal itu enggak ada hubunganya sama sekali dengan mutasi kerja. Kalau mau, dikasih sanksi peringatan atau lewat teguran," ujarnya.

Ia mengungkapkan, mutasi yang dilakukan oleh PT. SMU Depo Serang sangat bertentangan dengan PP/PKB juga UU yang berlaku. 

"Di PKB tidak ada mutasi antar cabang, tapi adanya di UU 13 pasal 50 terkait penempatan kerja dan perjanjian kerja yang bersangkutan adalah dengan PT. Sayap Mas Utama Depo Serang. Jadi gak ada hubunganya dengan mutasi. Kalo dibiarin ini memperburuk iklim kerja disini," ungkapnya.

Menurutnya, perusahaan tersebut telah banyak malakukan banyak rekayasa. Padahal, kata Fauji, inti dari permasalahan tersebut adalah PHK sepihak yang dilakukan perusahaan.

"Sederhananya begini, jika yang bersangkutan dimutasi ke PT. SMU Depo Malingping maka sesungguhnya telah terjadi PHK di PT. SMU Depo Serang, terlepas yang bersangkutan dipekerjakan di PT. SMU Depo Malingping, itu persoalan lain. Modus nya penempatan kerja tapi intinya PHK sepihak," imbuhnya.

Dalam aksinya, ratusan buruh tersebut ditemui oleh pihak manajemen PT. SMU Depo Serang, dan dijanjikan akan melakukan perundingan dengan para pekerja untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Bila terjadi deadlock lagi, maka kami akan aksi besar besaran di sini (PT. SMU Depo Serang)," tegas Fauji. [Ifal]

Penulis: Syahrifal Fahlevi
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tak Terima Rekannya Dimutasi, Ratusan Buruh di Serang Demo 
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top