Sabtu, 25 November 2017 |
Kesehatan - News Gallery

Tak Hanya Manis, Ini 8 Manfaat Sehat Stevia

Rabu, 19 Apr 2017 | 06:31 WIB Dibaca: 397 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Demi mengurangi konsumsi gula putih berlebihan yang bisa meningkatkan risikomu untuk terkena diabetes, maka kamu pun mencari zat pengganti gula yang lebih sehat. Salah satunya adalah stevia.

Tidak seperti gula, stevia tidak akan mengagetkan insulin dalam tubuh sehingga gula darah lebih terkontrol. Dan ternyata selain memaniskan makanan atau minuman, stevia juga punya manfaat sehat seperti yang dilansir dari care2.com berikut ini.

1.Sangat baik untuk penderita diabetes

Karena tidak memperberat kerja insulin, maka stevia baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Setiap konsumsi 1 gram stevia, maka terjadi penurunan gula darah sebanyak 18%. Penelitian di Jepang juga menunjukkan bahwa stevia menurunkan gula darah dan kadar insulin setelah makan.

2.Mengurangi risiko kanker pankreas

Stevia mengandung sterol dan senyawa antioksidan (kaempferol, quercetin, asam chlorogenic, asam caffeic, isoquercitrin dan isosteviol) di dalamnya. Penelitian menemukan bahwa kaempferol dapat mengurangi risiko kanker pankreas sebesar 23 persen.

3.Menurunkan kolesterol jahat

Sebuah penelitian di tahun 2009 menemukan bahwa stevia membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

4.Mengurangi risiko kanker payudara

Kandungan stevioside dalam stevia membantu untuk mengurangi jalur stres tertentu yang menciptakan pertumbuhan kanker payudara.

5.Menurunkan berat badan

Mengonsumsi gula biasa memberikan kontribusi penambahan berat badan sebanyak 16%. Namun tidak demikian dengan stevia karena gula alami ini rendah kalori.

6.Mencegah gigi berlubang

Tidak seperti gula yang 'memberi makan' bakteri pada mulut dan membuat gigi berlubang, stevia justru dapat mengurangi plak yang membuat gigi berlubang.

7.Mencegah jerawat

Sifat anti bakteri dalam stevia membantu mencegah jerawat.

8.Melawan infeksi ragi

Karena stevia bersifat anti bakteri dan anti jamur, maka konsumsi stevia akan membantu dalam melawan infeksi ragi yang muncul. [mdk]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Gemuk
Sabtu, 25 Nov 2017 | 06:31 WIB
Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Gemuk
Rajin Berjemur, Cara Alami Cegah Penyakit Rematik
Sabtu, 25 Nov 2017 | 01:02 WIB
Rajin Berjemur, Cara Alami Cegah Penyakit Rematik
Tips Ramuan Kunyit untuk Membersihkan Racun Tubuh
Jumat, 24 Nov 2017 | 09:48 WIB
Tips Ramuan Kunyit untuk Membersihkan Racun Tubuh

KOMENTAR

Tak Hanya Manis, Ini 8 Manfaat Sehat Stevia

BERITA TERKAIT

Top