Sabtu, 23 Januari 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Tak Disangka, Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Menular

Senin, 03 Apr 2017 | 06:31 WIB Dibaca: 1073 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Kuman bukan satu-satunya di dunia ini yang dapat menular. Terkadang emosi pun bisa menular secara alami. Bahkan suasana hati pun dapat menular ke orang-orang di sekitar kita.

Ada beberapa survei dan penelitian yang membuktikan bahwa hal tersebut memiliki efek yang kuat pada kita untuk menirukan apa yang terjadi pada teman kita. Begitu juga sebaliknya.

Lantas hal-hal apa saja yang dapat menular? Simak di bawah ini, dan siap-siap terkejut!

- Kebahagiaan
Sesuai studi, ditemukan bahwa ketika Anda merasa bahagia, seorang teman yang berada dalam radius 1.5km di sekitar Anda juga akan merasakan kebahagiaan juga.

Tetangga memiliki persentase 34 persen kemungkinan untuk ikut bahagia juga.

- Pikiran negatif
Jika seorang teman sekamar Anda adalah ciri orang yang terus merenung dan memikirkan hal-hal buruk, maka Anda lebih munkgin untuk menangkap pikiran-pikiran negatif juga. Ini adalah salah satu hal yang paling mengejutkan yang dapat menular. Namun menurut penelitian, hal itu terbukti benar!

- Berhenti merokok
jika satu orang berhenti merokok, maka teman-teman dekat dan keluarga dari orang tersebut memiliki sekitar 36 persen kemungkinan untuk berhenti merokok juga. Meskipun tidak langsung berdampak begitu, setidaknya berhenti merokok yang dilakukan oleh teman dan keluarga lain terjadi secara pasti dengan melihat perubahan yang ada.

-Stres
Otak dapat membantu mendeteksi stres pada orang lain. Hal ini memicu hormon stres dalam otak kita. Maka jika teman Anda sedang stres, jauhi dia. Sebaliknya, jika Anda mengalami stres, maka jangan dulu bercengekerama dengan orang lain. Anda harus istirahat dan menyendiri selama beberapa saat sampai merasa lebih baik. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk orang-orang di sekitar Anda.

- Pesanan di restoran
Tak terduga, pesanan makanan di sebuah restoran atau cafe cenderung menular. Jika salah satu teman Anda memesan minum jenis A, maka ada kecenderungan Anda akan memesan jenis itu juga.

Bahkan menurut penelitian, hal ini juga berlaku pada beberapa kondisi, misalnya orang yang lebih tua mengikuti pesanan yang lebih mudah, pria yang mengikuti pesanan pasangannya, begitu sebaliknya, dan orang yang datang ke tempat baru sehingga tidak tahu harus memesan apa. Cenderung dia akan mengikuti pesanan teman.

- Menguap, tertawa, dan batuk
Menguap, tertawa, dan juga batuk bisa menular. Hal ini terjadi karena Anda tidak sepenuhnya berada dalam kontrol diri pada perilaku sosial. Melihat orang lain menguap, tertawa, atau batuk, akan membuat Anda cenderung melakukan hal itu juga. Bahkan ini sudah dibuktikan oleh penelitian beberapa kali. [mdk]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tak Disangka, Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Menular

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top