Sabtu, 16 Februari 2019 |
News Room

Tak Diberi Pelayanan, Pasien Jamkesmas RSUD Banten Meninggal

Kamis, 07 Feb 2019 | 13:45 WIB Dibaca: 421 Pengunjung

Jenazah Domin (59) pasien Jamkesmas yang meninggal dunia, Selasa (5/2/2019). [ist]*

SERANG, [NEWSmedia] - Keluarga Domin Mulyawan (59), pasien Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) kecewa dengan pelayanan di RSUD Banten. Pasalnya, mereka merasa rumah sakit menelantarkan keluarganya hingga meninggal dunia.

Menurut tetangga korban, Taufik Hidayat (28), kekecewaan mereka berawal ketika Domin yang tinggal di Kompleks Makmur Jaya, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, menderita sakit hepatitis.

"Pada Sabtu (2/2/2019) sore sekitar pukul 14.30 WIB, Domin dibawa ke Puskesmas Serang Kota," kata Taufik, menceritakan, Kamis (7/2/2019).

Saat di Puskesmas, lanjut Taufik, Domin dirujuk ke RSUD Banten karena kondisi yang semakin melemah. Namun rujukan tersebut tanpa dilengkapi surat resmi, meski sebelumnya pihak keluarga sudah meminta.

"Sampai di rumah sakit, pasien diputuskan dokter untuk pulang ke rumah karena kondisinya baik-baik saja. Tapi sampai malam hari pihak rumah sakit seakan menelantarkan Domin. Cuma dikasih infus dan tidak diberi obat-obatan. Kondisi wajah dan matanya sudah menguning, pasien juga tidak diberi oksigen," jelasnya.

Ia menyesalkan sikap rumah sakit yang tidak memberikan pelayanan apapun terhadap Domin. Menurutnya pelayanan RSUD Banten sangat kurang dalam menangani pasien Jamkesmas dan BPJS Kesehatan.

"Malam itu kita minta dirawat inap. Tapi kata dokter sudah penuh hingga harus menunggu. Tapi di sisi lain, sepanjang malam menunggu, ada yang datang untuk rawat inap selain peserta Jamkesmas dan BPJS. Ini kan enggak adil," terang Taufik dengan kesal.

Setelah pulang dari RSUD Banten tanpa mendapatkan pertolongan apapun, Domin menghembuskan nafas terakhir pada Selasa (5/2/2019) di rumahnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tak Diberi Pelayanan, Pasien Jamkesmas RSUD Banten Meninggal
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top