Selasa, 20 Oktober 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Tak Cuma Bikin Otak Encer, Ini Manfaat Lain Makan Ikan

Sabtu, 30 Des 2017 | 06:31 WIB Dibaca: 643 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Para pencinta ikan, berbahagialah. Sebuah penelitian menemukan, makan ikan setidaknya seminggu sekali buat tidur lebih nyenyak dan memiliki IQ lebih baik. Alhasil, peneliti menganjurkan agar anak-anak mengonsumsi ikan.

Sebuah studi di University of Pennsylvania menemukan rata-rata tingkat IQ empat poin lebih tinggi pada orang yang mengkonsumsi ikan dibandingkan dengan mereka yang jarang makan ikan atau tidak sama sekali.

Penulis utama Jianghong Liu mengatakan mereka melihat Omega-3 yang berasal dari makanan dan bukan dari suplemen. Omega-3 juga mengurangi perilaku anti-sosial dan tidak mengherankan ada ikan ada di belakangnya.

Pada penelitian tersebut, tim menganalisis 541 anak berusia 9 sampai 11 tahun di China. Sekitar 54 persen anak laki-laki dan 46 persen anak perempuan menyelesaikan kuesioner tentang seberapa sering mereka mengkonsumsi ikan dalam satu bulan, dengan pilihan mulai dari "tidak pernah" menjadi "setidaknya satu kali per minggu."

Hasil studi

Anak-anak ini juga melakukan tes IQ, yang menguji secara verbal dan nonverbal, seperti kosakata dan coding. Kemudian, orangtua menjawab pertanyaan tentang kualitas tidur dengan menggunakan Kuesioner Kebiasaan Tidur Anak Standar.

Hasilnya menunjukkan anak-anak yang melaporkan makan ikan mingguan mencetak 4,8 poin lebih tinggi pada ujian IQ daripada mereka yang mengatakan "jarang" atau "tidak pernah" mengkonsumsi ikan. Anak-anak yang kadang-kadang makan ikan skornya 3,3 poin lebih tinggi. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tak Cuma Bikin Otak Encer, Ini Manfaat Lain Makan Ikan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top