Sabtu, 23 Juni 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Tak Asal Kunyah, Begini Cara Disiplinkan Anak Melalui Pola Makan

Minggu, 26 Feb 2017 | 01:01 WIB Dibaca: 599 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Proses makan bukan sekadar mengunyah sampai kenyang saja, kata dokter di waktu ini orang tua juga bisa mengenalkan anak pada kedisiplinan.

Demikian disampaikan oleh dokter spesialis gizi klinik RSUD Tangerang, dr Dian Permatasari, SpGK, dalam talkshow 'Dunia Sahabat SGM Eksplor' yang diadakan di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (25/2/2017).

Menurut WHO, proses pemberian makan pada anak sebaiknya bersifat 'responsive feeding' alias interaktif. Hal ini pula yang dianjurkan oleh dr Dian. Dengan begitu, anak bisa peka terhadap makanan dan belajar disiplin.

"Salah satunya adalah dengan memastikan adanya kontak mata saat mendampingi makan. Makan juga waktunya belajar, pemberian kasih sayang dari orang tua," imbuh dr Dian.

Agar cara ini efektif, orang tua perlu peka dulu terhadap rasa lapar dan kenyang si anak. Ingat ya, anak yang menentukan jumlah makanan. Menurut dr Dian, sebaiknya orang tua tak memaksa anak untuk terus makan jika memang si anak sudah kenyang dan menolak.

"Kenalkan bahwa makan ada jadwalnya, dengan begitu si anak lama-kelamaan akan belajar mengikuti jam makan ibu. Dengan begitu anak paham bahwa makan itu kebutuhan dan ada aturan jadwalnya," imbuh dr Dian.

Jika anak mulai sulit dan ogah-ogahan makan, maka dr Dian menganjurkan orang tua untuk berkreasi. Jangan pantang menyerah menghadapi anak yang sulit makan, karena menurutnya itu adalah tantangan bahwa ibu harus lebih kreatif memvariasikan jenis makanan.

"Lalu jangan lupa juga untuk meminimalkan distraksi saat mendampingi anak makan. Sebisa mungkin singkirkan gadget atau televisi, supaya anak tidak mudah kehilangan perhatian saat makan," pesan dr Dian. [dth]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tak Asal Kunyah, Begini Cara Disiplinkan Anak Melalui Pola Makan

BERITA TERKAIT

paslon 1 paslon 2 paslon 3 NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top