Selasa, 19 Desember 2017 |
News Room

Tahun 2018, Pesantren di Banten Bakal Dapat Bantuan Rp20 Juta

Selasa, 21 Nov 2017 | 14:37 WIB Dibaca: 348 Pengunjung

Gubernur Banten, Wahidin Halim setelah Rapat Paripurna di Gedung DPRD Banten, Senin (21/11/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Pemerintah Provinsi Banten sedang menyiapkan anggaran sebesar Rp20 juta yang akan diberikan kepada setiap pondok pesantren di Provinsi Banten.

Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan, bantuan tersebut sebagai bentuk dukungan moral terhadap pesantren, sebab menurutnya, Banten merupakan salah satu daerah yang memiliki pondok pesantren.

"Kita harus akui bahwa Banten banyak pesantren yang perlu perhatian dari pemerintah," kata Wahidin setelah Rapat Paripurna di Gedung DPRD Banten, Senin (21/11/2017).

Wahidin mengatakan, berdasarkan data dari Forum Silaturrahim Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten, sedikitnya ada 3.264 pondok pesantren yang ada di Banten.

"Insyaallah (bantuan) untuk semua pesantren, ini untuk tahun 2018, nominalnya Rp20 Juta tiap pesantren," ungkapnya

Sementara itu, Ketua DPRD Banten, Asep Rahmatullah mengatakan, sesuai dengan yang disampaikan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), dari 3.264 pondok pesantren itu, pihaknya mencanangkan Rp20 Juta untuk tiap-tiap pesantren.

"Tinggal leading sectornya siapa, saya usul ke gubernur agar dilakukan oleh MUI untuk mendeteksi pesantren yang betul-betul ada santrinya," kata Asep.

Ia juga menegaskan, bantuan tersebut diberikan kepada pesantren sebagai bagian dari pembangunan indeks manusia (IPM) yang salah satunya dengan penguatan dari segi agama.

"Artinya dengan pendidikan di pesantren yang sudah membudaya dan bagian dari tradisi masyarakat Banten, Gubernur punya pemikiran untuk membantu, bisa saja untuk beli kitab kuning atau perbaikan sanitasi dan lain sebagainya," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tahun 2018, Pesantren di Banten Bakal Dapat Bantuan Rp20 Juta
Top