Minggu, 24 Maret 2019 |
News Room

Syafrudin Ingin Jadikan Buah Melon Sebagai Ikon Kota Serang

Kamis, 21 Feb 2019 | 12:59 WIB Dibaca: 205 Pengunjung

Wali Kota Serang, Syafruddin mencicipi Melon hasil panen perdana Kelompok Tani Panda Waru di Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Kamis (21/2/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Jika Malang di Jawa Tengah dikenal dengan buah Apelnya, mungkinkah Kota Serang di Provinsi Banten bisa dikenal dengan buah Melonnya?

Hal itu sebagaimana yang diutarakan Wali Kota Serang, Syafrudin saat mengikuti panen perdana buah Melon hasil Kelompok Tani Panda Waru, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Kamis (21/2/2019).

Syafrudin mengapresiasi kelompok tani Melon tersebut. Ia pun berharap pertanian Melon bisa menjadi ikon baru Kota Serang. Sebagaimana Malang, Jawa Tengah yang dikenal dengan buah Apelnya. Mengapa tidak, Kota Serang dikenal dengan buah Melonnya.

Harapan itupun bukan tanpa dasar, mengingat buah Melon yang dipanen Kelompok Tani Panda Waru Kecamatan Cipocok Jaya itu adalah varietas Golden, yang temasuk salah satu kelompok buah Melon yang istimewa karena memiliki tekstur dan tingkat kemanisan yang berbeda.

Ditambah lagi, untuk sekali panen (dalam jangka waktu dua bulan), kelompok tani Melon binaan Dinas Pertanian Kota Serang itu bisa menghasilkan 3 ton, dan sudah banyak distributor yang minta disuplai.

"Saya sangat apresiasi dengan adanya petani Melon ini di Kota Serang yang bisa menyuplai ke beberapa daerah di Indonesia," ujar Syafrudin.

"Insya Allah pemerintah akan mendukung penuh kepada kelompok tani melon ini dan kami akan memfokuskan sektor pertanian ini khususnya petani melon, karena sudah terbukti," tegasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Serang, Anis S Salam, mengungkapkan Melon dengan varietas Golden ini memiliki nilai jual tinggi di kelasnya. Untuk distribusi penjualan, banyak juga swalayan bahkan supermarket yang membutuhkan.

"Melon yang kita tanam ini memiliki daya jual yang tinggi karena tingkat kemanisannya, di luar itu sudah banyak distributor yang datang kepada kita untuk membeli Melon ini," katanya.

Anis mengatakan, dengan keuntungan yang besar diharapkan masyarakat Kota Serang, khususnya petani Melon bisa sejahtera dengan hasil panennya.

"Sekali panen bisa mencapai tiga Ton, tidak menutup kemungkinan kita mampu ekspor Melon ini meskipun sampai saat ini hanya mampu untuk beberapa wilayah di Indonesia termasuk pasar swalayan," terangnya.

Anis bahkan memastikan lahan yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian di Kota Serang yaitu seluas 30 hektare yang tersebad di wilayah Kecamatan Ciipocok Jaya, Kecamatan Serang, dan Kecamatan Taktakan. [adi]

Penulis: Muhammad Adi
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Syafrudin Ingin Jadikan Buah Melon Sebagai Ikon Kota Serang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top