Kamis, 25 April 2019 |
News Gallery

Sutradara 'Jailangkung' Gunakan Mantra Pemanggil Arwah yang Lebih Berbahaya

Kamis, 01 Jun 2017 | 19:21 WIB Dibaca: 943 Pengunjung

Poster film.*

[NEWSmedia] - Pasca kesuksesan "Jelangkung" pada 16 tahun silam, dua sutradara kenamaan, Jose Purnomo dan Rizal Mantovani kembali menggarap film horor tentang boneka pemanggil arwah itu. Bukan sekuel, remake ataupun prekuel, "Jailangkung" kali ini benar-benar akan menyuguhnya nuansa serba baru, termasuk mantra pemanggil arwahnya. 

Seperti yang terlihat dalam trailer dan posternya, "Jailangkung" yang akan dirilis lebaran mendatang ini menggunakan mantra, "Datang Gendong, Pulang Bopong". Padahal, film sebelumnya dikenal memakai, "Datang Tak Dijemput, Pulang Tak Diantar". 

Menurut Jose Purnomo, perubahan mantra ini karena alasan mistis. Mantra yang sekarang dinilai lebih berbahaya, sehingga tidak boleh ditiru. 

"Jadi ketika gue habis syuting Jelangkung, berbagai macam orang nyamperin, itu sekitar tahun 2003," kata Jose saat ditemui di kawasan Plaza Senayan, Jakarta ( 30/5). "Mereka orang dengan ilmu yang berbeda-beda, bahkan ada yang mengaku keluarga Padjajaran, ada yang mengaku keluarga segala macam. Mereka macam-macam lah ceritanya." 

Hingga akhirnya, Jose bertemu dengan seorang yang paham dengan riwayat penggunaan mantra tersebut. Ia menyebutkan bahwa ternyata mantra 'datang tak dijemput, pulang tak diantar' itu hasil revisi. 

"Supaya kalau main jelangkung itu nggak perlu nganterin pulang. Jadi mantranya sengaja diamankan, jadi (arwah) datang, pulangnya pulang sendiri," jelasnya. "Karena ternyata dulunya nggak begitu." 

Jose kembali melanjutkan penjelasannya mengenai betapa bahayanya mantra pemanggil arwah versi lama. "Dulunya mantra itu 'datang gendong, pulang bopong'. Kata dia kalau mantra itu pasti datang," terangnya. "Akhirnya dicoba dan saya pertama kali ngeliatin jelangkung gerak nggak kepegang. Itu masih terngiang ngiang sampai sekarang. Kata dia mantra 'datang tak dijemput, pulang tak diantar' itu masih level aman lah." [wk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Sutradara 'Jailangkung' Gunakan Mantra Pemanggil Arwah yang Lebih Berbahaya

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top