Minggu, 21 Oktober 2018 |
News Gallery - Lifestyle

Suka Berfoto? Ini Ungkap Peneliti Tentang Swafoto

Senin, 10 Apr 2017 | 09:30 WIB Dibaca: 1060 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Banyak orang hobi melakukan swafoto, tetapi terkadang sulit mendapatkan hasil yang sempurna. Studi yang dilakukan peneliti dari La Trobe University, Melbourne, Australia, menyebutkan, dalam sehari rata-rata perempuan muda menghapus enam hasil swafoto sebelum mengunggahnya ke media sosial.

Penelitian itu juga mengungkap sudut mana yang paling sempurna untuk swafoto, berdasarkan 2.000 hasil foto pengguna Instagram pria maupun wanita. Studi mencermati 10 swafoto terkini masing-masing partisipan, yang mengunggah seluruhnya kurang dari 24 jam.

Dr Annukka Lindell selaku peneliti mengatakan, 40 persen peserta lebih menyukai swafoto yang menunjukkan sisi kiri wajah mereka. 30 persen lain cenderung memotret sisi kanan wajah, dan hampir 20 persen memotret dari arah muka lurus-lurus.

"Teorinya, berpose dengan menampilkan sisi kiri wajah secara intuitif diterima sebagai sudut paling terbuka secara emosional serta lebih ekspresif dibandingkan sudut lain," ujar Lindell.

Ia mengemukakan kaitan sejarah pose sudut kiri tersebut. Penelitian terdahulu menunjukkan sejumlah hasil fotografi dan lukisan diri terkenal, salah satunya Mona Lisa karya Leonardo da Vinci, cenderung menunjukkan sisi yang sama.

Menurut Lindell, kecenderungan memfoto sisi kiri wajah adalah pengaruh kendali bagian otak yang didominasi emosi. Namun, apakah swafoto pose kiri itu menjaring lebih banyak 'like' dibandingkan sudut lain, adalah pertanyaan yang masih tersisa.

"Sungguh menarik bahwa dengan segala kemutakhiran dan kemungkinan teknologi fotografi saat ini, kita secara alami masih tertarik ke sisi kiri," ungkap Lindell, dilansir dari laman Daily Mail.[rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Suka Berfoto? Ini Ungkap Peneliti Tentang Swafoto

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top