Kamis, 13 Mei 2021 |
News Room

Sudah Lima Tahun, TPI di Kabupaten Serang Tak Beroperasi

Jumat, 04 Mei 2018 | 18:44 WIB Dibaca: 706 Pengunjung

Kondisi TPI Tengkurak, Desa Tengkurak, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Jumat (4/5/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] – Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang berada di Kampung Tengkurak, Desa Tengkurak, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang tidak lagi beroperasi.

Hal tersebut disampaikan oleh nelayan Tengkurak, Samsudin yang menjelaskan, TPI tersebut sudah berhenti beroperasi hampir lima tahun lebih, bahkan para nelayan enggan melelang ikan-ikannya ke TPI tersebut.

“Airnya dangkal, arus masuk kapal jadi susah. Kapal bisa masuk, tapi nanti engga bisa keluar,” kata Samsudin kepada NEWSmedia di TPI Tengkurak, Desa Tengkurak, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Jumat (4/5/2018).

Ia menjelaskan, dengan tidak beroperasinya TPI tersebut, mengakibatkan perekonomian masyarakat sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan berkurang, sebab menurutnya, TPI Tengkurak saat ini, hanya digunakan sebagai tempat pelelangan ikan tawar yang tidak terlalu banyak.

“Kalau tambak biasa panen tiga bulan atau empat bulan sekali. Habis itu sudah nggak ada lagi. (TPI-red) Dipakai nongkrong begini saja. Sudah nggak ada pelelangan, nelayan pada pindah ke TPI Lontar. Biasanya banyak dulu-dulu yang lelang ke TPI Tengkurak,” jelas pemilik tambak udang ini.

Ia menerangkan, ikan laut di perairan Tengkurak tergolong sangat bagus, namun sayang, TPI Tengkurak sudah tidak beroperasi lagi.

“Kalau airnya nggak dangkal, pasti pada lelang kesini (TPI Tengkurak-red), nelayan sudah nggak ada, pada nggak mau lelang di sini lagi," terangnya.

Untuk diketahui, sampai berita ini diterbitkan, NEWSmedia masih mencoba konfirmasi kepada Kepala Dinas Kelautan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Serang. [CR]

Penulis: Anton
Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Sudah Lima Tahun, TPI di Kabupaten Serang Tak Beroperasi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top