Senin, 13 Juli 2020 |
News Room - Ekonomi

Stabilkan Harga, Pemerintah Minta Bulog Serap Pasokan Cabai

Rabu, 19 Okt 2016 | 06:56 WIB Dibaca: 813 Pengunjung

Pedagang di pasar tradisional.*

[NEWSmedia] - Pemerintah menugaskan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) untuk menyerap pasokan cabai guna mengantisipasi tingginya disparitas harga karena musim hujan.

"Kami sepakat menugaskan BUMN untuk menyerap [pasokan cabai] sehingga rantai pasoknya bisa lebih pendek karena harganya naik di atas 100 persen, disparitasnya pun 100 persen lebih," kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Selasa (18/10).

Amran menilai, meskipun harga cabai naik, tetapi produksi masih aman karena harga di tingkat petani berkisar Rp14.000 hingga Rp15.000. Pemerintah juga mengantisipasi penurunan suplai cabai selama musim penghujan dengan membuat lumbung di beberapa kabupaten, salah satunya di Malang, Jawa Timur.

“Kami minta pada dirjen dan direktur di Kementerian Pertanian untuk menjaga produksi cabai pada saat off season agar tetap aman seperti saat peak season,” kata Amran.

Sementara untuk pasokan bawang dan beras, Amran memastikan suplai kedua komoditas tersebut aman hingga 2017.

Alhamdullilah ada penurunan 0,9 persen untuk harga beras sekarang. Stok kita kurang lebih 2 juta ton, itu cukup untuk kebutuhan dalam negeri sampai Mei 2017,” jelasnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada September terjadi inflasi sebesar 0,22 persen yang disebabkan kenaikan harga-harga kelompok non bahan makanan seperti tarif pulsa ponsel, tarif sewa rumah, biaya perguruan tinggi dan akademi, rokok kretek filter dan tarif listrik.

Lebih lanjut, harga komoditas makanan seperti beras, telur ayam, daging ayam ras, wortel dan cabai rawit, bayam dan kentang mengalami penurunan harga karena pasokannya relatif terjaga.

Namun, harga cabai merah justru mengalami kenaikan di berbagai daerah pada periode September 2016. Harga rata-rata cabai merah mencapai kisaran Rp35.700 per kilogram karena faktor cuaca maupun distribusi yang terhambat.

BPS mengingatkan, inflasi dari kelompok bahan makanan harus diwaspadai oleh pemerintah dalam tiga bulan terakhir, terutama dari komoditas beras maupun cabai merah, agar perkiraan target inflasi pada akhir 2016 sebesar empat persen bisa tercapai. [CNN/04]

Penulis: Nm
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Stabilkan Harga, Pemerintah Minta Bulog Serap Pasokan Cabai
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top