Sabtu, 16 Februari 2019 |
News Room

Pemprov Banten Konsultasi ke Ahli Tata Ruang untuk Atasi Kemacetan di Kota Serang

Senin, 06 Mar 2017 | 14:05 WIB Dibaca: 1443 Pengunjung

kemacetan diwilayah ciceri, kota serang.*

SERANG, [NEWSmedia] - Permasalahan kemacetan di Kota Serang menjadi persoalan serius di Provinsi Banten. Terlebih lagi, Kota Serang merupakan wajah ibu kota Provinsi Banten.

Menyikapi permasalahan kemacetan di ibu kota Provinsi Banten ini, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)  Provinsi Banten Hudaya Latuconsina, mengatakan, Pemprov Banten saat ini sedang melakukan konsultasi ke ahli tata ruang kota.

Sebagai ibu kota provinsi, menurut Hudaya, penataan tata ruang, jaringan transportasi dan kapasitas jalan akan dikaji.

"Tahun ini memang kita ada program penataan untuk Kota Serang sebagai ibu kota provinsi, yang nantinya akan dijadikan kawasan strategis. Salah satunya mengidentifikasi masalah-masalah seperti kemacetan. Kami sedang berdiskusi dengan ahli landscaping tata ruang kota untuk mencapai hasil (penataan) yang benar,” ujar Hudaya, Senin (6/3/2017).

Hudaya menegaskan, Pemprov Banten akan memetakan persoalan yang menjadi penyebab kemacetan dan mengurai jalan keluarnya, misalnya dari sisi transporasi, sistem logistik, upaya pengembangan dan permukiman, area-area publik dan komersial.

Meski demikian, untuk mengatasi permasalah tersebut, kata Hudaya, perlu ada sinergitas antara Pemkot Serang, Pemprov Banten dan pemerintah pusat.

Berita terkait: Kemacetan di Kota Serang akan Menjadi Bom Waktu

Wakil Wali Kota Serang, Sulhi, beberapa waktu lalu menyebutkan penyebab utama dari kemacetan di ibu kota Provinsi Banten adalah ruas jalan yang tidak seimbang, jalan yang sedang dibangun belum selesai, dan rekayasa lalu lintas yang belum diperbaharui.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kota Serang, Amanudin Toha mengaku telah meminta Dinas Perhubungan agar bersama-sama dengan kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas, mengatasi persoalan kemacetan di Kota Serang.

"Dalam beberapa kesempatan rapat, saya meminta Dishub untuk melakukan rekayasa lalu lintas," ujar Amanudin Toha. [rb/idr]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemprov Banten Konsultasi ke Ahli Tata Ruang untuk Atasi Kemacetan di Kota Serang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top