Minggu, 16 Juni 2019 |
News Room

Soal Tsunami di Pandeglang, Bupati Irna: Potensi itu Pasti Ada

Selasa, 10 Apr 2018 | 14:05 WIB Dibaca: 429 Pengunjung

Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat ditemui di Hotel Ultima Ratu, Kota Serang, Selasa (10/4/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Bupati Pandeglang, Irna Narulita menilai, potensi tsunami yang diprediksi oleh Balai Pengkajian Dinamika Pantai Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bisa saja terjadi di Kabupaten Pandeglang.

Sebab menurutnya, BPPT sebagai lembaga yang melakukan kajian terhadap dinamika pantai, tidak main-main. Meskipun, prediksi tersebut hanya diambil dari permodelan.

"Saya juga khawatir, ketakutan dan itu seharusnya tidak dikonsumsi untuk publik, tapi untuk internal dan akademisi, tapi kan mereka punya kajian tidak main-main, potensi itu pasti ada, lima tahun lagi, enam tahun atau satu tahun lagi," kata Irna saat ditemui di acara Musrenbang Provinsi Banten, di Hotel Ultima Ratu, Kota Serang, Selasa (10/4/2018).

Ia menuturkan, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya bersama instansi terkait telah memberikan beberapa pelatihan kepada setiap elemen masyarakat di Kabupaten Pandeglang.

"Shalter sunami sudah ada, relawan sudah dilatih, sudah dipersiapkan dan sudah diberikan pemahaman semuanya, jangan panik," tuturnya.

Ia menjelaskan, pihaknya meminta kepada pemerintah pusat untuk menambah peralatan early warning system atau sistem deteksi dini terjadinya tsunami, sebab menurutnya, dari 10 kecamatan yang ada di pesisir pantai di Pandeglang, baru tiga kecamatan yang memasang sistem tersebut.

"Perlatan early warning system di kita batu ada tiga titik dari 10 Kecamatan yang ada di pesisir, termasuk shalter untuk Tsunami juga, apakah bisa penambahan atau tidak," jelasnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, salah satu efek dari isu tersebut sebagian wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Pandeglang menjadi berkurang.

"Kita sedang semangat-semangatnya membangun pariwisata, tapi dengan adanya isu itu, sebagian wisatawan berkurang, mungkin juga mereka berfikir 10 kali sebelum ke Pandeglang," pungkasnya. [ahi]
 

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Soal Tsunami di Pandeglang, Bupati Irna: Potensi itu Pasti Ada
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top