Sabtu, 06 Juni 2020 |
News Room - Pemerintahan

Soal Reklamasi, Wahidin: Kalau Meresahkan Rakyat, Akan dicabut Izinnya

Sabtu, 20 Mei 2017 | 10:16 WIB Dibaca: 923 Pengunjung

Pulau Cikantung, Bojonegara, Kabupaten Serang, (-5°57’52.85″ 106°6’25.34″) by: Google earth pro.*

SERANG, [NEWSmedia] - Pemerintah Provinsi Banten menegaskan bahwa tidak ada proyek reklamasi yang dilaksanakan di provinsi tersebut. Hal itu menyusul adanya keluhan warga tentang hilangnya salah satu Pulau di Kabupaten Serang yang diduga akibat proyek reklamasi.

Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan, pihaknya tidak mengetahui kalau ada proses reklamasi di daerah tersebut, sebab hal itu ada di Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben).

"Kalaupun itu (reklamasi) ada, kami akan dipelajari dulu izinnya, prosedurnya, amdalnya, kalau meresahkan rakyat maka akan dicabut izinnya," kata Wahidin di Bappeda Banten, Jumat (21/5/2017).

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina menyebutkan, sepengetahuan dirinya, tidak ada proyek reklamasi di Provinsi Banten, hanya untuk di Kabupaten Serang sebatas galian pasir yang hanya memakan area antara empat sampai 24 hektare dan itu merupakan untuk pembuatan JT (tempat sandar kapal) untuk kepentingan industri.

"Zamannya Pak Nata, ada empat permohonan izin reklamasi untuk daerah Bojonegara, kawasan industry, terhadap kawasan itu tidak ada masalah karena untuk kepentingan industry, sepanjang tidak ada masalah kita berikan izin, yang banyak bukan reklamasi tapi izin pertambangan pasir," terangnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, untuk Daerah Tangerang, belum ada izin yang resmi untuk proyek reklamasi, meski dulu sempat ada yang mengajukan, namun kewenangan perizinan tersebut dilimpahkan dari Kabupaten ke Pemrov Banten.

"Mereka tidak melanjutkan proses izin, karena peralihan kewenangan tadi dan di Banten Belum ada yang mengusulkan," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa warga merasa resah karena Pulau Cikantung, sebuah pulau kecil di perairan Bojonegara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten hilang. Pulau tersebut kini telah menyatu dengan daratan. Diduga, pulau tersebut hilang akibat reklamasi.[Ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Soal Reklamasi, Wahidin: Kalau Meresahkan Rakyat, Akan dicabut Izinnya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top