Sabtu, 26 September 2020 |
News Room - Pemerintahan

Soal Penolakan Proyek Geothermal di Kabupaten Serang, Fahri Hamzah: Karena Manfaatnya Belum Jelas

Jumat, 30 Mar 2018 | 09:30 WIB Dibaca: 565 Pengunjung

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah saat ditemui di Kota Serang, Kamis (29/3/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menilai, penolakan yang dilakukan oleh masyarakat Padarincang, Kabupaten Serang terkait dengan adanya proyek Geothermal (Panas Bumi), lantaran masyarakat belum mengetahui manfaat dari proyek tersebut.

Sebab menurutnya, masyarakat sekitar selama ini, hanya mendapatkan informasi tentang bahaya proyek tersebut dari berbagai sumber, padahal jika masyarakat mengetahui manfaat dari proyek itu, mereka tidak akan melakukan penolakan.

"Yang ditolak masyarakat kan karena manfaatnya belum jelas tapi bahayanya udah kedengeran, itu yang masyarakat engga mau," kata Fahri saat ditemui di Kota Serang, Kamis (29/3/2018).

Ia menuturkan, selain dari kemanfaatan, setiap proyek juga harus memiliki analisis dampak lingkungan (Amdal) dan memenuhi unsur fisibility study yang mendalam.

BACA JUGA: Akses Jalan Menuju Proyek Geothermal di Kabupaten Serang 'Disegel'

"Intinya, kalau ada proyek, harus ada Amdal dan fisibility study yang mendalam, kalau sudah ada (Amdal-red), harus ada sosialisasi kepada masyarakat bahwa ini bermanfaat bagi kita, sebab tidak mungkin masyarakat menoak kalau ada manfaatnya," tuturnya.

Selain itu, ia juga mengaskan, pemerintah daerah, dalam hal ini Pemprov Banten, harus melakukan sosialisasi dan duduk bersama untuk memberikan pemahaman bahwa proyek tersebut memiliki manfaat bagi masyarakat.

"Kalau memang provinsi merasa proyek itu bermanfaat bagi rakyat, ya sosialisasikan dengan rakyat dengan baik, apa susahnya ngobrol sesuatu yang baik, masa engga bisa," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Soal Penolakan Proyek Geothermal di Kabupaten Serang, Fahri Hamzah: Karena Manfaatnya Belum Jelas
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top