Minggu, 25 Juli 2021 |
News Room - Pemerintahan

Soal Kerjasama Pengelolaan Sampah dengan Tangsel, Kadis LH Kota Serang: Komitmen Tangsel Membantu Pemkot Serang

Kamis, 04 Mar 2021 | 20:19 WIB Dibaca: 3404 Pengunjung

Kupas Aspirasi PWI Kota Serang, Kamis (4/3/2021)*

SERANG, [NEWSmedia] - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang, Ipiyanto menyebutkan, pihaknya saat ini sedang menjajaki kerjasama pengelolaan sampah dengan Pemkot Tangerang Selatan.

Sebab menurutnya, Pemkot Tangsel memiliki komintmen terhadap penanganan persoalan sampah di Kota Serang.

"Tangsel berkomitmen untuk membantu Pemkot Serang dalam melakukan penataan Cilowong, dari mulai armada hingga teknologi pengelolaan sampah," kata Ipiyanto saat berdiskusi dengan PWI Kota Serang, Kamis (4/3/2021).

Ia menjelaskan, pengelolaan sampah di Kota Serang memang menjadi persoalan yang serius, namun karena banyak hambatan, pihaknya mencoba untuk membangun kerjasama dengan Pemkot Tangsel.

"Bukannya tidak ada penanganan, kita sudah melakukan berbagai upaya, seperti menata gundukan sampah menjadi seperti punden berundak, agar tidak mudah longsor, ataupun kegiatan lainnya, namun lagi-lagi terbentur anggaran sehingga penanganannya tidak dapat berlanjut," jelasnya.

Kata Ipi, Pemkot Tangsel siap membantu pembiayaan pembangunan Cilowong, dari sarana hingga prasarananya.

"Ingin kami segala sesuatunya dilakukan oleh Pemkot Tangsel, kita hanya terima kunci saja. Tapi sistem keuangan negara tidak bisa seperti itu, yang mengerjakan harus tetap pemerintah setempat," ungkapnya.

Selain itu, tambah Ipi, permintaan masyarakat terkait kompensasi dari pendapatan yang timbul atas Kerjasama Pemkot Serang dengan Pemkot Tangsel, bisa terpenuhi.

Kata dia, bentuk kompensasi keuangan tersebut akan diberikan langsung ke masyarakat, melalui kelompok yang dibentuk oleh masyarakat setempat.

"Ini untuk lebih mempermudah penyaluran dan juga pertanggungjawaban pengelolaan keuangan yang didapat dari kerjasama tersebut," terangnya.

Lebih jauh, Kadis LH menjelaskan, meski tidak sepenuhnya tuntas, dengan adanya kerjasama ini setidaknya permasalahan sampah di Kota Serang dapat sedikit teratasi.

Idealnya Kota Serang memiliki armada truk hingga 300 unit, untuk menuntaskan sampah di Kota Serang.

"Saat ini kita hanya memiliki 35 unit saja, itupun ada yang umurnya sudah hampir 20 tahun. Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini, jumlah armada kita dapat bertambah," harapnya.

Hal senada disampaikan Asda I Kota Serang, Anton Gunawan. Kata dia, kerjasama ini merupakan salah satu peluang bagi Pemkot Serang dalam mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya sampah.

"Kami pun tidak menutup kerjasama dengan wilayah lain, selain Tangsel," ucapnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Soal Kerjasama Pengelolaan Sampah dengan Tangsel, Kadis LH Kota Serang: Komitmen Tangsel Membantu Pemkot Serang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top