Minggu, 25 Februari 2018 |
News Room

Soal Kampanye di Tempat Ibadah, MUI Banten: Laporkan Saja!

Kamis, 15 Feb 2018 | 17:30 WIB Dibaca: 207 Pengunjung

Ketua MUI Provinsi Banten, AM Romly saat memberikan keterangan pers di Kantor MUI Provinsi Banten, Kamis (15/2/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Ketua MUI Provinsi Banten, AM Romly berharap kepada para pasangan calon peserta Pilkada di Banten, agar tidak menggunakan tempat ibadah dan lembaga pendidikan untuk kegiatan yang bersifat kampanye.

Bahkan menurutnya, jika ada masyarakat yang menemukan hal tersebut, dirinya meminta agar melaporkan ke pihak yang berwenang, baik ke Panwaslu, Bawaslu ataupun pihak kepolisian.

"Laporkan saja! Ke yang berwenang, ada Panwaslu, Bawaslu atau Kepolisian, agar mereka yang menindaklanjuti sesuai perundang-undangan," kata Romly saat jumpa pers di Kantor MUI Provinsi Banten, Kamis (15/2/2018).

Ia mengatakan, untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat, para calon bupati atau wakil bupati dan calon wali kota atau wakil wali kota sebaiknya melakukan cara-cara yang bermatabat dan tidak melakukan upaya-upaya yang dapat menimbulkan konflik di tengah-tengah masyarakat.

"Mari pelihara persaudaraan, kerukunan dan persatuan untuk mewujudkan keamanan dan kedamaian yang langgeng di Provinsi Banten ini," terangnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Banten, Rasna Dahlan mengaku, sarana ibadah seharusnya digunakan untuk melakukan aktifitas yang mengandung ketaatan, kepatuhan dan ketundukan secara total kepada Allah SWT.

"Masjid dan Musala tidak digunakan sebagai sarana atau fasilitas untuk pelaksanaan kampanye partai politik demi menjaga netralitas dan kemurnian tempat ibadah," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten, HA Bazari Syam mengaku, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh kabupaten/ kota untuk bersama-sama meningkatkan silaturahmi dan komunikasi untuk mempertegas persatuan dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip agama dan keyakinan masing-masing

"Kami berharap para tokoh agama agar mampu memberikan ajakan di tempat ibadahnya yang menyejukkan dan menentramkan sehingga tercipta kedamaian dan keharmonisan dalam bingkai NKRI," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Soal Kampanye di Tempat Ibadah, MUI Banten: Laporkan Saja!

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top