Selasa, 25 Februari 2020 |
News Room

Soal Bendera RI Bertuliskan Aksara Cina, Polisi Diminta Proses Hukum PT Kenda

Jumat, 27 Jan 2017 | 09:35 WIB Dibaca: 1382 Pengunjung

Bendera merah putih bertuliskan nama perusahaan dan aksara Cina yang dipasang di PT Kenda Rubber Indonesia.*

SERANG, [NEWSmedia] - Dugaan penghinaan terhadap lambang negara oleh PT Kenda Rubber Indonesia, salah satu perusahaan di Kabupaten Serang, Banten karena memasang bendera bertuliskan aksara Cina, menjadi perhatian publik.

Koordinator Majelis Pesantren Salafiyah (MPS) Provinsi Banten, KH Matin Syarkowi meminta aparat kepolisian untuk memproses hukum dugaan penghinaan terhadap lambang negara oleh perusahaan asing yang berada di Kampung Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang.

“Bendera bertuliskan aksara mandarin suatu penghinaan lambang negara. Jika disengaja, harus ditangkap pelakunya dan diproses sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” kata Matin Sarkowi, Jumat (26/1/2017).

Ia mengatakan, dengan diprosesnya pelaku pengibar bendera merah putih bertuliskan aksara Cina tersebut, merupakan pembelajaran bagi siapapun agar tidak sembarangan mempermainkan lambang negara.

“Bendera kan tidak boleh dicoret-coret, mau itu tulisan mandarin, sekalipun tulisan arab, harus di tindaklanjuti oleh pihak kepolisian,” ucap Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Serang ini.

Diketahui, bendera merah putih bertuliskan aksara Cina sempat terpasang di tiang bendera halaman kantor PT Kenda Rubber Indonesia, di Jawilan, Kabupaten Serang. Warga bersama muspika Kecamatan Jawilan pun langsung mendatangi perusahaan yang lokasinya berada di jalan Raya Cikande-Rangkasbitung.

Berita terkait: Perusahaan Asing di Banten Pasang Bendera RI Bertuliskan Aksara Cina

Bendera itu akhirnya diturunkan dan pihak manajemen perusahaan diberi peringatan. Menurut karyawan, bendera yang bertuliskan aksara Cina itu dikibarkan sejak 7 Januari 2017.

Kini, bendera merah putih yang bertuliskan 'KENDA' di bagian warna merah, dan tulisan 'KENDA RUBBER' dengan aksara Cina di bagian warna putih, sudah diturunkan dan disimpan oleh pihak perusahaan. [firman]

Penulis: Firman Arief
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Soal Bendera RI Bertuliskan Aksara Cina, Polisi Diminta Proses Hukum PT Kenda

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top