Minggu, 25 Februari 2018 |
News Room - News Community

SMSI Resmi Daftar di Dewan Pers

Jumat, 08 Sept 2017 | 15:32 WIB Dibaca: 380 Pengunjung

Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Jauhar (kedua dari kanan) menerima berkas pendaftaran Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (8/9/2017).*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) resmi mendaftarkan diri sebagai konstituen Dewan Pers. SMSI merupakan organisasi pers yang menaungi perusahaan media siber/media online

Pendaftaran SMSI ke Dewan Pers dilakukan pengurus SMSI pusat bersama dewan penasehat dan perwakilan pengurus SMSI provinsi se-Indonesia, ke gedung Dewan Pers lantai VII Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat, Jumat (8/9/2017).

Rombongan pengurus SMSI diterima Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Jauhar bersama Wakil Ketua Komisi Pendataan Dewan Pers Hendri CH Bangun. Penyerahan berkas pendaftaran dilakukan Ketua Umum SMSI Teguh Santosa disaksikan Dewan Penasihat SMSI, Rizal Ramli dan Atal S Depari.

Ketua Umum SMSI Teguh Santosa menjelaskan, SMSI didirikan oleh sejumlah pemilik dan pengelola media siber pada April 2017. Kini kepengurusan SMSI telah terbentuk di 26 provinsi, dengan 600 perusahaan media siber yang mendaftar sebagai anggota.

"Setelah kami lakukan verifikasi administrasi, hanya 265 media Siber yang memenuhi persyaratan yang berasal dari 17 provinsi. Dari Dewan Pers hanya 15 kepengurusan provinsi dan 200 media yang dipersyaratkan," kata Teguh.

Wakil Ketua Dewan Pers, Ahmad Jauhar menyampaikan terimakasih kepada SMSI yang sudah membantu Dewan Pers melakukan verifikasi administrasi kepada media siber, terutama yang mendaftar di SMSI. Sebab dengan begitu, Dewan Pers tidak akan sulit lagi melakukan verifikasi terhadap media-media di tanah air.

"Selain itu (syarat administrasi), juga persyaratan kualitas. Misal pemberitaan seperti apa. Karena sampai 80 persen media online itu sumbernya media sosial," kata wartawan senior Bisnis Indonesia ini.

Jauhar berharap SMSI menerapkan prinsip yang dipegang media mainstream selama ini. Sehingga dapat menggantikan peran medsos sebagai sumber informasi utama masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Pendataan DP, Hendri CH Bangun mengatakan, verifikasi akhir dari pendataan media nantinya ada di Dewan Pers. Verifikasi administrasi oleh organisasi, kata dia, memudahkan lembaga yang beranggotakan sembilan orang ini mendata perusahaan media. [rhd]

Editor: Rapih Herdiansyah
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

SMSI Resmi Daftar di Dewan Pers
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top