Senin, 18 Desember 2017 |
News Room - Highlight

SMSI Mendorong Perusahaan Media Siber Kuat dan Profesional

Kamis, 12 Okt 2017 | 08:15 WIB Dibaca: 188 Pengunjung

Ketua Umum SMSI Teguh Santosa saat membuka Rapimnas SMSI di Convention Center Soll Marina Hotel, Bangka Belitung, Selasa (10/10/2017).*

BABEL, [NEWSmedia] - Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Teguh Santoso mengatakan, SMSI sebagai organisasi yang menaungi perusahaan media siber atau media online memiliki tujuan untuk mendorong perusahaan media yang profesional.

"Anggota SMSI bukan wartawannya, tapi perusahaan media siber. Tujuannya membantu perusahaan media siber supaya kuat dan profesional. Kami ingin perusahaan media online bisa membuat karyawannya hidup, dan juga bukan sekadar perusahaan media yang destruktif, merusak," kata Teguh saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) SMSI di Conference Center Soll Marina Hotel, Bangka Belitung, Selasa (10/10/2017).

Rapimnas SMSI tersebut berlangsung selama tiga hari, ditutup Kamis (12/10/2017) pagi. Kegiatan ini dihadiri para pimpinan SMSI tingkat provinsi di Indonesia.

Teguh menegaskan, SMSI akan mendorong perusahaan media online untuk menjadi perusahaan yang bisa memberikan jaminan hidup serta bermanfaat bagi karyawannya.

Kemudian terkait ketentuan Dewan Pers, kata Teguh, pemimpin redaksi atau penanggungjawab di setiap perusahaan media, harus memiliki kompetensi sebagai wartawan utama.

"Kantornya harus ada, dan juga kelengkapan dokumen perusahaannya," ujarnya.

Hingga kini, lanjut Teguh, sudah terseleksi 265 perusahaan media siber di SMSI yang telah diserahkan kepada Dewan Pers. "SMSI sudah ada di 27 provinsi," kata Teguh, seraya mengungkapkan pada November 2017, SMSI akan kembali ke Dewan Pers untuk melanjutkan proses verifikasi perusahaan media siber agar mempercepat menjadi konstituen Dewan Pers.

Teguh mengatakan, pekerjaan jangka panjang SMSI bukan hanya pendataan dan verifikasi media online, melainkan membangun masyarakat digital Indonesia, yang bukan hanya sebagai pengguna, tapi pencipta.

"Itulah tugas SMSI," tuturnya.

Menteri Kominfo Rudiantara, pada sambutan yang disampaikan kepada peserta Rapimnas SMSI melalui rekam tunda, meminta SMSI terdepan melawan hoax. "Kami berharap SMSI ikut melawan hoax. Saya ucapkan selamat atas diselenggarakannya Rapimnas SMSI," kata Rudiantara. [rhd]

Editor: Rapih Herdiansyah
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

SMSI Mendorong Perusahaan Media Siber Kuat dan Profesional
Top