Jumat, 26 April 2019 |
News Room - Politik

SMRC Sebut Jokowi Unggul di Banten, Politisi PKS Yakin 15% Swing Voters 'Lari' ke Prabowo

Senin, 18 Mar 2019 | 20:11 WIB Dibaca: 2918 Pengunjung

Ketua Fraksi PKS DPR, Jazuli Juwaini ditemui di Kota Serang, Senin (18/3/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini optimistis pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan meraih kemenangan di Provinsi Banten pada Pilpres, 17 April 2019.

Optimisme itu diutarakan Jazuli Juwaini menanggapi hasil survei lembaga SMRC (Saiful Mujani Research and Consulting) yang merilis bahwa pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul dari pasangan Prabowo-Sandi di Banten.

Jazuli yang merupakan Ketua Fraksi PKS DPR-RI itu menyatakan, meski hasil survei SMRC Jokowi-Ma'ruf unggul di Banten dengan angka 43,2 persen sedangkan Prabowo-Sandi 41,7 persen, namun ada suara pemilih mengambang atau belum menentukan pilihan (swing voters) sebanyak 15,1 persen yang akan menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo-Sandi.

Berita TerkaitSurvei Terbaru SMRC di Banten, Jokowi Menang di 'Kandang' Prabowo

"Sangat optimistis, Prabowo di Banten menang, karena ada swing voters. Saya selalu yakin swing voters itu tidak mungkin memilih petahana," kata Jazuli di Kota Serang, Senin (18/3/2019).

Menurut Jazuli, swing voters merupakan kelompok yang belum puas dengan pemerintah saat ini. Dengan begitu, jika ada alternatif calon yang mampu menjawab ketidakpuasan itu, pemilih mengambang itu akan memilih Prabowo-Sandi.

"Artinya dia belum puas dengan hasil pemerintah sekarang, maka dia akan menunggu alternatif lain yang lebih bagus, ketika ada calon baru dia akan menjatuhkan pilihan ke situ, tapi kalau calon baru itu tidak menjawab harapan mereka, bisa jadi mereka golput," jelasnya.

Jazuli menyatakan, pihaknya bersama Partai Koalisi Prabowo-Sandi akan bekerja keras untuk meyakinkan masyarakat bahwa Prabowo-Sandi adalah pilihan yang tepat dan mampu menjawab persoalan bangsa.

"Kita akan kerja keras untuk meyakinkan publik, bahwa paslon 02 paling layak menjawab persoalan itu. PR bagi partai koalisi 02 saya kira itu," tuturnya.

Untuk diketahui, Lembaga Survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC)  telah melakukan survei untuk Pilpres 2019 dari tanggal 27 Februari 2019 sampai 8 Maret 2019. Jumlah responden yang disurvei sebanyak 1.620 orang.

Hasilnya, 43,2 persen responden memilih pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf, sedangkan yang memilih Prabowo-Sandi sebanyak 41,7 persen. Adapun pemilih yang tidak tahu atau masih rahasia sebanyak 15,1 persen. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

SMRC Sebut Jokowi Unggul di Banten, Politisi PKS Yakin 15% Swing Voters 'Lari' ke Prabowo
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top