Senin, 23 Juli 2018 |
News Room - Pendidikan

Siswa se-Banten Berlomba Cerdas Cermat 4 Pilar di Untirta

Kamis, 23 Nov 2017 | 16:01 WIB Dibaca: 468 Pengunjung

Siswa/ i dari berbagai sekolah saat mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 Pilar di Kampus Untirta, Kamis (23/11/2017)*

SERANG, [NEWSmedia] - Sebanyak 33 tim dari 21 sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat se-Provinsi Banten beradu cerdas cermat tentang empat pilar kebangsaan di Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Kamis (23/11/2017).

Ketua Pelaksana, yang merupakan Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP Untirta, Irfan Setiawan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari Administrasi Negara Scienetific Fair 2017.

"Untuk lomba ini tentang empat pilar kebangsaan, ada Pancasila, Bhineka tunggal Ika, NKRI dan UU 1945, jadi pertanyaannya engga terlepas dari situ (4 Pilar)" kata Irfan kepada awak media.

Irfan mengatakan, dirinya selaku mahasiswa Ilmu Administrasi Negara mempunyai tanggungjawab moral terhadap para generasi muda Indonesia saat ini.

"Sebagai jurusan Ane (Adm. Negara) kita mencari bibit penerus bangsa, kita inisiatif mengadakan lomba ini, krn adanya kekhawatiran karena potensi empat pilar itu engga berkembang," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Negara (HMJ Ane), Nila Ariska mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan, namun untuk tahun ini, ada sedikit perbedaan dengan tahun yang lalu.

"Tahun ini ada beberapa perlombaan yang sifatnya nasional, seperti debat dan essay dan terakhir kegiatan akan diisi dengan seminar nasional dengan narasumber Menteri Sosial, Bu Khofifah," terangnya.

Ia juga menegaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai nasionalisme, sebab menurutnya, saat ini, generasi muda mulai terkikis dengan perkembangan zaman.

"Karena kami melihat kondisi Indonesia saat ini semakin banyak permasalahan, seperti perbedaan dan hilangnya nilai-nilai Pancasila, diharapkan dengan acara ini dapat menumbuhkan kembali jadi supaya para generasi saat ini tahu dari Indonesia tau tentang Indonesia," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Siswa se-Banten Berlomba Cerdas Cermat 4 Pilar di Untirta

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top