Kamis, 29 Oktober 2020 |
News Room - Hukum

Sindikat Pemalsuan Dokumen Asal Kabupaten Serang Dibongkar

Rabu, 07 Mar 2018 | 13:21 WIB Dibaca: 698 Pengunjung

Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin saat menunjukkan barang bukti berupa dokumen palsu di Mapolres Serang Kota, Rabu (7/3/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Serang Kota berhasil mengamankan tiga tersangka kasus pemalsuan dokumen asal Kramatwatu, Kabupaten Serang.

Kapolres Serang Kota, AKBP Komarudin mengatakan, penangkapan tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat terkait dengan maraknya pembuatan dokumen palsu, seperti e-KTP, ijazah, SKCK, paspor, akte kelahiran, kartu keluarga dan dokumen lainnya.

"Dari situ kita dalami dan kita telusuri, dan akhirnya bertemu dengan satu orang pelaku dengan inisial AW alias Odoy yang berperan sebagai pembuat dokumen palsu tadi, penangkapan di kontrakannya di Wilayah Kramatwatu," kata Komarudin saat Press Release di Mapolres Serang Kota, Rabu (7/3/2018).

Ia mengungkapkan, berdasarkan hasil penyelidikan, pihaknya menemukan perkembangan kepada tersangka kedua TH yang berperan sebagai pemesan kelengkapan dokumen dan tersangka ketiga SS selaku pengirim barang atau blanko kosong untuk kelengkapan dokumen palsu tersebut.

"Barang bukti yang kita amankan satu unit leptop, mesin laminating, jarum jahit, ijazah yang diduga palsu, ijazah asli, 120 stempel dengan instansi yang berbeda, 33 lbr hologram akte, blanko kosong kartu keluarga, blanko KTP, 5 KTP palsu dan banyak lagi yang lainnya yang digunakan untuk kepentingan membuat dokumen palsu," terangnya.

Sementara itu, tersangka dengan inisial AW mengaku, dirinya telah melakukan kegiatan tersebut kurang lebih selama dua tahun dengan tarif yang bervariasi.

"Tarifnya mulai Rp50.000 sampai Rp500.000, yang paling mahal ijazah, sehari kadang ada yang bikin lima sampai enam orang," pungkasnya.

Atas perilakunya tersebut, ketiga tersangka dikenakan Pasal 263 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan hukuman pidana penjara paling lama enam tahun. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Sindikat Pemalsuan Dokumen Asal Kabupaten Serang Dibongkar
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top