Rabu, 21 Oktober 2020 |
Pariwisata - News Gallery

Simak Tips Memilih Perlengkapan untuk Mendaki Gunung

Jumat, 02 Mar 2018 | 16:07 WIB Dibaca: 873 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Seiring berkembangnya zaman, kegiatan luar ruang seperti mendaki gunung tidak hanya digemari oleh kaum Adam saja, tapi kaum hawa pun sudah mulai tertular. Di media sosial sudah banyak perempuan yang membagikan momennya ketika summit alias tiba di puncak suatu gunung.

Nah, bagi kamu yang baru akan memulai pendakian atau masih menyicil peralatan pendakian (hiking), dan masih bingung peralatan apa saja yang harus dibeli serta seperti apa kriterianya, Okezone berhasil mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan kamu tersebut. Berikut daftar peralatan yang mesti kamu miliki sebelum mendaki gunung.

Peralatan utama

Dari ujung kaki sampai ujung kepala harus dimiliki pokoknya, mulai dari jaket, sepatu, tas, tracking ball mesti punya dan pas ukurannya. Peralatan ini pun harus disesuaikan dengan bentuk badan perempuan dan medan pendakian, jadi kamu tidak bisa asal pakai peralatan pendakian untuk laki-laki, ya!

“Yang paling pertama itu kita bicara tentang essential produk, kalau untuk pendaki pemula wanita itu pasti mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi, katakanlah gunung gede, mulai dari situ, butuh ukuran kerir-kerir minimal 35 liter, tracking ball yang light weight,” jelas Arief Mulia, Product Line Manager PT. Eigerindo MPI.

Selain itu, masih dalam penjelasannya, Arief juga mengatakan, perempuan pendaki pemula harus memiliki celana-celana yang cepat kering dan berbahan ringan. Tapi, di balik perlengkapan itu semua, perempuan mesti mengenakan jaket dan celana yang pas di badannya.

“kemudian butuh celana-celana yang quick dry, tapi intinya baik celana atau jaket itu harus fit for woman, jadi mulai dari posisi tubuh, seperti dada, punggung itu tepat dan pas, jadi nggak bisa disamaratakan dengan pria,” tambahnya.

Pemilihan tas

Kelihatannya memang tas untuk mendaki gunung sama saja. Eits, tapi ternyata tas mendaki untuk perempuan dan laki-laki berbeda, lho! Jadi, lagi-lagi kamu tidak boleh asal dalam memilih tas.

“Khusus perempuan, pada saat pemilihan tas, pilihlah desain yang khusus untuk perempuan, karena ada barang-barang tertentu yang perempuan bawa tapi laki-laki tidak bawa. Jadi, harus ada ruang tertentu untuk menyimpan pembalut dan kosmetik,” tutur Arief.

Perempuan memang tidak bisa lepas dari yang namanya kosmetik atau krim-krim perawatan kulit, seperti tabir surya atau pelembab. Jadi, kamu harus memilih tas mendaki khusus perempuan. Selain akan memudahkan kamu, tas tersebut juga bisa lebih awet.

“Kosmetik sebenarnya merusak bahan polyster, karena itu seringkali perempuan bawa backpack mengeluh dalaman tasnya mengelupas, nah hal tersebut disebabkan oleh kosmetik. Jadi, pilihlah tas yang ada bagian penyimpanannya yang khusus untuk menaruh kosmetik, karena dilapisi bahan parasit lagi untuk melindungi bahan utamanya,” tambahnya.

Beli jaket khusus perempuan

Jaket juga salah satu perlengkapan mendaki yang mesti ladies punya. Tapi kamu tetap tidak boleh asal pilih, sebab jaket laki-laki dan perempuan berbeda.

“Jaket untuk perempuan pun berbeda dengan laki-laki karena perempuan tidak suka dengan bahan-bahan yang tebal, jadi pilihlah bahan yang tipis sekalian atau menengah (mid), atau yang packable. Selain itu, perempuan terkenal dengan tipe pendaki yang membawa barang lebih banyak daripada laki-laki di luar barang keperluan pendakian. Jadi, pilih tas yang cukup luas untuk nyimpan barang,” imbuh Arief.

Pakai sepatu yang pas

Jangan asal memakai sepatu untuk mendaki, karena sepatu bisa mempengaruhi pendakian. Jika kamu asal memakai sepatu, bisa-bisa terpeleset atau kaki lecet. Nah, seperti apa sih sepatu yang baik dan tepat untuk pendakian?

“Pada dasarnya beda ukuran sepatu perempuan dan laki-laki juga berbeda. Perbedaannya ada pada bagian depannya yang lebih kecil. Untuk itu, pilihlah ukuran sepatu yang pas, karena ketika menggunakan sepatu yang kebesaran bisa kepeleset, tapi kalau pakai yang kekecilan bisa lecet nanti kakinya,” tangkas Arief. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Simak Tips Memilih Perlengkapan untuk Mendaki Gunung

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top