Minggu, 12 Juli 2020 |
News Room - Politik

Sikapi Posisi PAN, PDIP Kumpulkan Partai Koalisi 

Kamis, 27 Jul 2017 | 19:14 WIB Dibaca: 664 Pengunjung

ilustrasi.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Menyikapi posisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang disebut membangkang terhadap koalisi pemerintahan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)‎ akan mengumpulkan partai politik pendukung pemerintah yang rencananya bakal dihadiri ketua umum parpol.

Seperti diketahui, PAN tengah menjadi sorotan karena sikapnya yang dianggap berseberangan dengan pemerintah dalam sejumlah kebijakan ‎seperti saat paripurna Undang-Undang (UU) Pemilu dan Perppu Ormas.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto melayangkan kritik atas sikap PAN yang mbalelo dari pemerintah. Pihaknya menilai, dalam etika politik, sikap itu tidak dibenarkan.

"Setiap partai mempunyai agenda sendiri, tetapi seharusnya ada kepentingan yang dikedepankan. Parpol pendukung pemerintah harus mempunyai agenda yang sama dengan pemerintah. Secara etika politik, itu tak bisa dibenarkan mempunyai agenda berbeda, lebih-lebih dalam agenda yang strategis," ujarnya.

Sikap PAN ini menuai reaksi dari para politikus PDIP maupun parpol pendukung pemerintahan lainnya‎. Bahkan sejumlah elite PDIP menganggap PAN sudah tidak tepat lagi berada di pemerintahan.

"Dukungan kuat dari rakyat melalui pilpres secara langsung juga harus mendapat dukungan dari DPR. Sehingga digalanglah kekuatan-kekuatan politik seperti Partai Golkar, PPP, dan PAN. PDI perjuangan tentu berharap ada satu kata dan perbuatan," tuturnya.

Hasto mengatakan sokongan dari partai pendukung seharusnya dapat diwujudkan secara efektif. Karena itu, sikap mbalelo PAN itu tentu akan dibahas dalam rapat partai koalisi. 

"Karena itulah, hal tersebut akan menjadi agenda pembahasan rapat para ketua umum parpol pengusung pemerintah dengan Bapak Presiden. Untuk menentukan bagaimana sikap seharusnya terhadap persoalan tersebut," pungkasnya.

Beberapa waktu lalu, Jokowi mengundang perwakilan fraksi pendukung pemerintahan. Namun dalam pertemuan itu tidak dihadiri PAN yang saat ini dipimpin Zulkifli Hasan. [Red/Snd/Dtc]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Sikapi Posisi PAN, PDIP Kumpulkan Partai Koalisi 
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top