Sabtu, 06 Juni 2020 |
News Room - Kesehatan

Sering Mengamuk, Selama 6 Tahun Pria di Serang ini Terpaksa Dipasung

Sabtu, 08 Jul 2017 | 18:30 WIB Dibaca: 1061 Pengunjung

Subeki, warga Cidadap, Banjarsari, Kota Serang, yang dipasung karena kelainan jiwa, Sabtu (8/7/2017)

SERANG, [NEWSmedia] - Seorang pria yang tinggal di Cidadap, Desa Banjar Sari, Kota Serang terpaksa harus dipasung oleh orang tuanya. Ia dipasung selama kurun waktu 6 tahun karena sering mengamuk dan sempat membuat keponakannya meninggal dunia. 

Subeki yang berusia kuranglebih 17 tahun, dipasung sejak tahun 2012 merupakan anak dari janda tua bernama Ibu Samsuri yang mempunyai dengan 10 anak.

"Sudah lama, sejak bapaknya meninggal itu diikat, tadinya ada bapaknya nggak begitu, semenjak Subeki umur 10 tahun lah," kata Ibu Samsuri di rumahnya, Kota Serang, Sabtu (8/7/2017).

Menurut ibu Samsuri, karena terkendala biaya dan mengalami gangguan semenjak kecil, Subeki dibiarkan tidak merasakan dunia pendidikan bahkan sekolah dasar.

"Nggak sekolah apa-apa, nggak di sekolahin. Nggak denger sih orangnya itu," katanya.

Seingatnya, sewaktu kecil Subeki memang pernah mengalami kejang. Setelah itu muncul keanehan pada diri Subeki. Kalau sedang kumat, Subeki akan ngamuk bahkan melempar batu dan merusak kaca.

"Dulunya ngamuk-ngamuk, kalau nggak dirantai, mateni (membunuh)," kata Sumiati bercerita.

Sumiati, kakak perempuan dari Subeki mengatakan, adiknya terpaksa dipasung karena pada tahun 2012 mengamuk sampai membuat anaknya luka-luka dan meninggal dunia. 

"Waktu itu, keluarga memang sedang lengah dan tidak tahu kalau Subeki sampai tega membuat anak saya meninggal," ujar Sumiati.

Untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari Subeki, Ibu Samsuri beserta anak-anaknya membuat ikat rumbia dari bahan alang-alang rumput. Ikat rumbia itu mereka jual seharga Rp1.500 per ikat. Dari penghasilan tersebut, keluarga Ibu Samsuri beserta Subeki dan anaknya yang lain bisa hidup dan makan. [Red/Dtc]

Penulis: Red/dtc
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Sering Mengamuk, Selama 6 Tahun Pria di Serang ini Terpaksa Dipasung
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top