Sabtu, 08 Mei 2021 |
News Gallery - Lifestyle

Sering Lupa Pertanda Pintar, Ini Alasannya

Kamis, 06 Sept 2018 | 01:00 WIB Dibaca: 569 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Dalam menjalani aktivitas sehari-hari setiap orang pasti pernah mengalami momen 'lupa'. Kebanyakan orang, menanggap bahwa lupa sangat identik dengan bertambahnya usia. Selain itu, lupa juga identik dengan penyakit degenaratif, misalnya demensia (pikun). Padahal faktanya lupa dan pikun adalah dua hal yang berbeda.

Spesialis Saraf dr Johan Akbari, SpS.,SH.,MARAS mengatakan bahwa pikun dan pelupa adalah dua hal yang berbeda. 'Lupa' biasanya mengacu pada hal-hal sederhana, sedangkan pikun kaitannya dengan perubahan perilaku akibat penurunan kualitas memori.

"Beda lupa dan pikun. Lupa, biasanya terkait dengan berkurangnya konsentrasi, sedangkan pada pikun terkait dengan menurunnya kualitas saraf. Ada saraf yang tidak bekerja dengan baik sehingga memengaruhi ke perilaku," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan beberapa mitos dan fakta yang beredar terkait kondisi lupa. Berikut ini rangkumannya.

Anak muda lebih rentan jadi pelupa

Fakta. Aktivitas kerja rentan timbulkan stres, stres bisa picu depresi. Depresi bisa menyerang area hipocampus atau area otak yang di bagian depan. Area itu yang berhubungan dengan daya ingat.

Sering makan manis picu pelupa?

Fakta. Kelebihan gula bisa memicu pembuluh darah kaku sehingga menyulitkan oksigen untuk masuk, sehingga jadi kurang konsentrasi. Meski begitu, kurang kadar gula juga sebabkan hal yang sama.

Kehamilan bisa sebabkan ibu sering lupa?

Fakta. Alasannya kehamilan akan mengubah fungsi metabolisme tubuh secara drastis, itu juga mengganggu fungsi otak dan daya ingat.

Lupa tanda seseorang lebih pintar?

Fakta. Area otak Hipocampus juga bisa overload jika kita menyerap informasi secara berlebihan dan terus-menerus. Karenanya bisa saja beberapa memori sederhana akan terlupa dengan sendirinya. Karena otak lebih berat mengingat hal-hal yang penting saja. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Sering Lupa Pertanda Pintar, Ini Alasannya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top