Sabtu, 24 Oktober 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Sering Lapar dan Haus Berlebihan, Waspada Gejala Diabetes Hipoglikemia

Sabtu, 27 Okt 2018 | 00:01 WIB Dibaca: 524 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Hipoglikemia merupakan salah satu komplikasi yang kerap dialami pasien diabetes. Kondisinya membuat kadar insulin dalam tubuh sangat rendah dan berbahaya.

Namun banyak pasien yang tidak menyadari gejalanya. Akibatnya, kondisi kesehatannya terus memburuk karena tidak terkontrol. Bila mengalami hipoglikemia, sebaiknya Anda tahu gejala-gejalanya. Hal ini penting dilakukan supaya tidak berisiko buruk.

Ahli Endokrin Dr Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, menjelaskan, bila sering mengalami rasa lapar, haus berlebihan, keringat dingin dan lemas, biasanya orang sudah kena komplikasi hipoglikemia.

"Apalagi ditambah dengan gejala diabetesnya seperti berat badan mendadak kurus, makan banyak tapi rasanya tidak kenyang, sampai mengalami keputihan atau ganggu kehidupan seks bikin kondisi kesehatan pasien memburuk," ungkap dr Dante, ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Fatalnya lagi, kondisi hipoglikemia membuat denyut jantung sering mati mendadak, terkena aritmia yang tentu jadi masalah besar. Pasien tentu bakal tersiksa, apalagi kalau gaya hidupnya tidak dikontrol. Meski begitu, mereka tetap tidak dapat sembuh, karena hanya sekedar bisa menormalkan insulinnya saja.

"Kalau irama jantung berubah, maka kinerja pompa jantungnya tidak optimal. Malahan ada peradangan dalam pembuluh darah," tambah dia.

Sebagian pasien malah bisa mengalami komplikasi lainnya yang lebih parah. Seperti mengarah pada kebutaan, kaki membusuk, hipertensi, sampai kejadian gagal ginjal yang mudah mengancam nyawa. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Sering Lapar dan Haus Berlebihan, Waspada Gejala Diabetes Hipoglikemia
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top