Sabtu, 05 Desember 2020 |
Tekno

Sering Isi Oli Kurang dari Takaran, Ini Efeknya

Selasa, 25 Jul 2017 | 13:12 WIB Dibaca: 804 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Setiap mesin kendaraan bermotor tentu memerlukan oli untuk melumasi tiap komponen yang bergerak, sehingga gerakannya tetap licin dan tidak menimbulkan gesekan. 

Dalam pengaplikasiannya pun juga memiliki batasan atau takaran tertentu yang sebaiknya dipatuhi. Jangan kurang dari batasan yang telah ditentukan. Misalnya mobil yang harusnya diisi oli dengan kapasitas enam liter hanya diisi empat liter.

Alih-alih bisa menghemat biaya pengeluaran penggantian pelumas, ganti oli tak sesuai dengan takaran malah bisa membuat efek buruk di kemudian hari. Hal tersebut diungkapkan Assistant Sales Manager Aisin Indonesia, Benny W. Liem.

"Ada efeknya dari kekurangan oli, jadi pelumasan seluruh komponen mobil jadi kurang maksimal. Artinya semua komponen enggak terlumasi karena olinya kurang," kata Benny di Jakarta.

Terlalu sedikit mengisikan oli, juga dapat menyebabkan risiko rusaknya komponen mesin. Sebab akan terjadi penguapan selama penggunaan hingga mengering. Mesin mudah panas dapat memengaruhi usia komponen yang ada di dalam mesin tersebut.

"Kalau efeknya mungkin tidak bisa terjadi secara langsung, tapi mobil lama kelamaan akan mogok kalau terlalu sering ganti oli tak sesuai dengan takarannya," ujarnya menambahkan. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Sering Isi Oli Kurang dari Takaran, Ini Efeknya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top