Kamis, 20 September 2018 |
News Room - Hukum - Internasional

Seperti Apakah Kelanjutan Sidang Siti Aisyah di Malaysia Siang Tadi?

Jumat, 28 Jul 2017 | 21:07 WIB Dibaca: 430 Pengunjung

Siti Aisyah WNI yang terlibat kasus pembunuhan saudara tiri Presiden Korea Utara Kim Jong-un di Malaysia.

JAKARTA, [NEWSmedia] – Siti Aisyah adalah warga negara Indonesia (WNI) asal Banten yang terlibat dalam kasus pembunuhan saudara tiri Presiden Korea Utara Kim Jong-un, yakni Kim Jong-nam. Hari ini di kembali menjalani sidang bersama tersangka lain asal Vietnam, Doan Thi Huong di Malaysia, Jumat (28/7/2017).

Siti datang ke pengadilan dengan oleh didampingi tujuh pengacara dari firma hukum yang ditunjuk oleh Kedutaan Besar RI di Malaysia untuk menangani kasus WNI di luar negeri.

“Sidangnya hanya berlangsung selama 20 menit. Agendanya, jaksa dipersilakan menyampaikan beberapa salinan bukti, dan di sidang berikutnya akan dipaparkan sebagian bukti lain,” ucap Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Natsir kepada awak media di Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (28/7/2017).

Selain itu, Arrmanatha menyampaikan bahwa sidang yang berlangsung singkat itu akan dibuka kembali pada 2 Oktober, selama 23 hari. Dalam persidangan selanjutnya, jaksa penuntut umum berjanji akan menghadirkan kurang lebih 30 saksi.

“Jumlah pasti dan siapa saja saksinya, jaksa belum mengelaborasikan hal tersebut. Tapi akan ada jeda waktu persidangan yang cukup lama, untuk memberi waktu bagi hakim mempelajari alat bukti yang disampaikan jaksa dan pengacara,” tuturnya.

Sementara mengenai kemungkinan kuasa hukum Siti Aisyah juga akan menghadirkan saksi yang meringankan, Tata mengaku belum mendapatkan laporan soal itu. Akan tetapi, Kemlu RI pasti akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan kuasa hukum maupun otoritas setempat.

“Pihak KBRI juga akan kooperatif, seandainya pengadilan Malaysia membutuhkan saksi dan alat bukti,” tambah dia.

Siti Aisyah dan Doan terancam melanggar pasal 302 tentang pembunuhan. Menurut Kitab Undang-Undang Hukum Pidana di Malaysia, jika mereka terbukti bersalah, hukuman maksimal adalah hukuman mati dengan cara digantung. [okz]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Seperti Apakah Kelanjutan Sidang Siti Aisyah di Malaysia Siang Tadi?
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top