Jumat, 30 Oktober 2020 |
News Room

Seni Bandrong, Warisan Budaya Tak Benda Asli Banten

Minggu, 22 Des 2019 | 17:32 WIB Dibaca: 913 Pengunjung

Pelantikan DPP Bandrong Banten Indonesia di Alun-alun Kota Serang, Minggu (22/12/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Bandrong Banten Indonesia, Syafrudin menyebutkan, seni beladiri Bandrong merupakan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) asli dari Banten.

Menurutnya, penetapan tersebut telah disertifikasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

"Bandrong mendapat sertifikat dari Kemendikbud sebagai budaya tak benda warisan asli Banten, ini adalah budaya yang harus dilestarikan, dipertahankan dan dikembangan," kata Syafrudin setelah dilantik sebagai Ketua DPP Bandrong Banten Indonesia di Alun-alun Kota Serang, Minggu (22/12/2019). 

Ia menjelaskan, sebelum kemerdekaan Indonesia, Bandrong telah ada dan ikut memberikan perlawan terhadap penjajah Belanda pada saat itu.

"Sebelum kemerdekaan RI, Bandrong sudah ada dan dahulu menjadi garda terdepan  melawan penjajah Belanda," jelasnya, seraya mengungkapkan, Bandrong telah terbentuk di 10 provinsi dan 88 kota/ kabupaten di seluruh Indonesia.

Sementara Majelis Tinggi Bandrong Banten Indonesia, Muhyidin mengungkapkan, pihaknya bersama para ulama dan kiyai akan terus merawat dan melestarikan warisan leluhur asli Banten tersebut.

"Melalui santri dan padepokan, tidak akan henti siang malam terus dan insyallah sekolah mulai mendaftarkan Bandrong jadi ekstra kurikuler," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Seni Bandrong, Warisan Budaya Tak Benda Asli Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top