Jumat, 26 April 2019 |
Highlight - News Adv

Senangnya, Petani di Kabupaten Serang Bisa Operasi Caesar Ditanggung Penuh BPJS

Rabu, 27 Mar 2019 | 15:20 WIB Dibaca: 230 Pengunjung

Rukbil menunjukkan kartu kepesertaan JKN-KIS yang dipakai untuk persalinan istrinya di RSDP Serang.*

SERANG, [NEWSmedia] - Rukbil (57) warga Kampung Toyek, Desa Masigit, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang merasa bahagia lantaran istrinya (Enah) telah melahirkan anak ke-limanya melalui operasi caesar di Rumah Sakit Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang.

Kebahagiaan Rukbil bertambah ketika seluruh biaya operasi ditanggung oleh pemerintah melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 

"Enggak tahu berapa yang dibiayai, kita udah seminggu di sini," kata Rukbil saat ditemui mendampingi istrinya di RSDP Serang.

Rukbil yang sehari-hari berprofesi sebagai petani serabutan itu menuturkan, dirinya sering menggunakan Kartu JKN-KIS setiap kali salah satu dari anggota keluarganya sakit.

"Kalau ini mah sering (dipakai-red), apalagi ini pas lahiran anak. Alhamdulillah enggak diminta biaya tambahan lagi," tuturnya.

Rukbil juga mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah dengan adanya program tersebut. Sebab menurutnya, pemerintah telah membantu dirinya yang hidup serba pas-pasan.

"Ya senang, terimakasih kalau enggak ada program JKN-KIS ini kita gimana bayarnya, untuk makan sehari-hari aja susah," ucap Rukbil sambil sesekali memandangi wajah istrinya.

Rukbil juga mengungkapkan, pihak rumah sakit telah memberikan pelayanan yang sangat baik kepada dirinya, tidak membeda-bedakan antara peserta JKN-KIS dengan pasien umum lainnya.

"Enggak dicuekin, semua pelayanannya sama seperti biasanya, merasa terbantu, mudah-mudahan kartu ini terus ada biar bisa berobat gratis terus," tutupnya.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSDP Serang, dr. Efrizal menuturkan, RSDP Serang merupakan salah satu Rumah Sakit tipe B yang ada di Banten setelah Tangerang, sehingga pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh pasien, termasuk peserta JKN-KIS.

"Enggak ada perbedaan (pelayanan-red), semuanya sama, kelas itu hanya untuk fasilitas kesehatan tapi pelayanannya sama," jelasnya.

Efrizal juga menegaskan, sejauh ini pasien yang datang ke RSDP Serang 80 persen adalah peserta JKN-KIS.

"Kalau di kita hampir 80 persen peserta BPJS yang dilayani kita," pungkasnya. [adv]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Senangnya, Petani di Kabupaten Serang Bisa Operasi Caesar Ditanggung Penuh BPJS
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top