Minggu, 24 Maret 2019 |
News Room

Seminggu Bertugas di Banten, Siswa Sepolwan Mengaku Dapat Ilmu Baru

Kamis, 21 Feb 2019 | 19:19 WIB Dibaca: 308 Pengunjung

Suasana haru biru pelepasan siswa Sepolwan di Mapolres Serang Kota, Kamis (21/2/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Selama seminggu, sejak 14 Februari lalu, rupanya ada 25 Polisi Wanita (Polwan) dari berbagai daerah di Indonesia yang melaksanakan tugas latihan kerja di Polres Serang Kota, wilayah hukum Polda Banten. Seperti apa tugas mereka dan bagaimana kesan mereka selama berpraktik menjadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat di Kota Serang?

Desi Natalia, salah seorang perwakilan Siswa Sepolwan yang menjalankan latihan kerja di Polres Serang Kota mengaku banyak mendapat ilmu baru dan pengalaman yang tak terlupakan.

Menurut Desi, selama menjalani pendidikan di Sekolah Polwan, ia hanya belajar teori. Namun baru kali ini ia menerapkan teori ke dalam praktik. Selama latihan kerja di Polres Serang, ia melaksanakan praktik sebagai petugas di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPPA) Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim).

“Banyak pengalaman buat saya, banyak teori-teori yang selama saya di lemdik tidak tahu, di sini jadi tahu, dan proses kerjanya berbeda" terangnya.

Desi merupakan putri asal Papua yang menjadi Polwan utusan dari Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ia pun menceritakan pengalaman kerja yang paling berkesan yakni saat menginterogasi pelaku pelecehan seksual terhadap anak.

"Yang paling saya ingat, saya menginterogasi pelaku pelecehan seksual, itu menurut saya sangat berharga dan ini pengalaman pertama buat saya dan tidak akan terlupakan," kenangnya.

Desi pun sepertinya merasa kerasan berada di Kota Serang. “Saya terharu, enggak terasa saja, waktu begitu cepat berlalu, padahal baru kemarin saya ke sini," tutur Desi.

Kini, Desi dan teman-temannya sudah harus kembali ke sekolah mereka di Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) untuk melanjutkan pendidikan menjadi anggota Polri yang profesional.

Wakapolres Serang Kota, Kompol Andra Wardhana mengatakan, dalam latihan kerja para siswa Sepolwan itu melaksanakan orientasi di masing-masing fungsi, seperti satuan lalulintas, satuan reserse kriminal, satuan intel dan fungsi-fungsi kepolisian lainnya.

"Mereka mendalami fungsi lantas, reskrim, intel, sehingga ketika mereka menjadi polisi seutuhnya bisa berdinas secara profesional," kata Andra saat melakukan upacara pelepasan Siswa Sepolwan di Halaman Mapolres Serang Kota, Kamis (21/2/2019).

Ia berharap para Siswa Sepolwan yang telah melaksanakan latihan kerja di Polres Serang Kota agar bisa menerapkan dan mematangkan lagi ilmu-ilmu yang didapat selama program tersebut.

"Apa yang mereka dapatkan di sini, yang baik-baik, dapat diimplementasikan saat berdinas dan bisa menjaga kehormatan institusi Polri di wilayah masing-masing," ujarnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Seminggu Bertugas di Banten, Siswa Sepolwan Mengaku Dapat Ilmu Baru
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top