Selasa, 24 September 2019 |
News Gallery - Lifestyle

Sembelit? 10 Makanan Ini Perlancar Buang Air Besar

Rabu, 26 Apr 2017 | 09:35 WIB Dibaca: 2856 Pengunjung

Oatmeal dapat membantu perlancar BAB.*

[NEWSmedia] - Sembelit merupakan kondisi yang tidak enak. Salah satu cara melancarkan agenda ke belakang adalah dengan memilih makanan yang tepat. Setidaknya ada 10 makanan yang membantu sistem pencernaan Anda.

Plum
Sebuah prune tunggal alias plum kering memiliki sekitar 1 gram serat, cukup kuat dan tepat untuk membantu Anda mengurangi konstipasi itu. Gula dalam prune, fruktans dan sorbitol juga memiliki efek pencahar.

Kiwi 
Secangkir kiwi memberi Anda 5 gram serat, juga memberi tubuh sifat pelunakan feses dan anti-oksidan dari kandungan vitamin C.

Biji rami
Satu sendok makan biji rami tanah mengandung 2 gram serat. Untuk mengonsumsinya juga mudah sekali, taburkan ke atas smoothie, sereal sarapan atau bahkan salad atau kacang-kacangan.

Popcorn saat tersumbat
Secangkir berondong jagung memberi Anda serat 3 gram hanya dengan 93 kalori, ditambah rasa asin membantu mencegah kecanduan akan keripik.

Oatmeal 
Gandum untuk sarapan memberi Anda lebih dari sekedar mengurangi kolesterol. Setengah cangkir gandum (kering) mengandung 2 gram masing-masing serat larut dan tidak larut. Bersama-sama, mereka mengeluarkan tinja, melunakkan dan membantu meredakan konstipasi.

Jeruk 
Satu jeruk tidak hanya memiliki serat 4 gram dengan hanya 86 Kalori tetapi juga mengandung naringenin, sebuah flavonol dengan sifat pencahar.

Kacang
Jadi secangkir kacang-kacangan menyediakan hampir dua kali lipat serat. Kacang juga sangat serbaguna sehingga bisa ditambahkan dalam masakan, salad dan sup.

Apel 
Apel tidak hanya membuat kunjungan ke dokter terhindari, pektin di dalamnya adalah serat larut yang baik, membantu Anda buang kotoran dengan lancar.

Yogurt 
Sementara kebanyakan ahli menyarankan agar Anda menjauh dari produk susu jika mengalami konstipasi, yogurt adalah pengecualian. Bakteri probiotik alias lactobacillus di dalamnya akan membantu Anda pergi secara teratur ke toilet.

Kopi
Kafein adalah stimulan sehingga bisa menyebabkan Anda mengalami buang air besar. Tapi hati-hati Anda tidak perlu banyak kopi sebab kopi membuat Anda dehidrasi dan memperburuknya.

Ada banyak makanan lain yang dapat Anda masukkan ke dalam makanan harian Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak kekurangan komponen pembersihan usus yang penting, yaitu serat. Seperti beras merah, kacang polong atau kacang-kacangan.

Dan tentu saja air dan teh hijau. Jadi ingatlah untuk makan dengan benar, minumlah banyak air, pergilah saat Anda perlu dan tentu saja, olahraga jangan lupa, seperti dilansir dari Lifehack. [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

PSG vs Real Madrid: Di Maria Masuk Buku Sejarah
Kamis, 19 Sept 2019 | 11:05 WIB
PSG vs Real Madrid: Di Maria Masuk Buku Sejarah
Joko Anwar Sesalkan Kinerja Buruk KPI
Selasa, 17 Sept 2019 | 14:36 WIB
Joko Anwar Sesalkan Kinerja Buruk KPI

KOMENTAR

Sembelit? 10 Makanan Ini Perlancar Buang Air Besar

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top