Sabtu, 17 November 2018 |
News Room - Politik

Kapolri Berikan Perhatian Khusus pada Pilkada Banten

Kamis, 16 Feb 2017 | 16:33 WIB Dibaca: 1040 Pengunjung

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam jumpa pers di Mapolres Metro Tangerang, Jalan Daan Mogot, Tangerang, Kamis (16/2/2017).

TANGERANG, [NEWSmedia] - Pasca pemilihan Gubernur Banten, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebutkan situasi di Banten masih aman. Namun, Polri memberikan perhatian khusus pada situasi di Banten menyusul selisih tipis antara kedua pasangan cagub-cawagub.

"Khusus yang ada di daerah Banten, kita melihat quick count ada perbedaan yang cukup tipis, sampai saat ini masih aman tidak ada insiden. Ini menunjukkan bahwa masyarakat Banten sudah dewasa dalam berdemokrasi dan memahami, mengikuti norma hukum yang berlaku," kata Tito dalam jumpa pers di Mapolres Metro Tangerang, Jalan Daan Mogot, Tangerang, Kamis (16/2/2017).

Tito mengatakan hasil hitung cepat itu menjadi alasan pihaknya untuk tetap fokus mengamankan situasi di masyarakat. Dia meminta semua jajaran berkoordinasi agar situasi tetap terjaga.

"Dari sudut pandang keamanan, menjadi indikasi bagi kami untuk menjaga agar pemilihan tetap berjalan secara objektif. Sebagian besar wilayah Banten juga di bawah Polda Banten dan Polda Jabar. Oleh karena itu perlu ada koordinasi untuk mengantisipasi kerawanan dalam penghitungan suara," lanjutnya.

Secara keseluruhan menurutnya situasi pilkada serentak 2017 di Indonesia berjalan aman. Meski ada beberapa gangguan namun hal itu bisa diatasi.

"Sampai hari ini saya belum menerima laporan ada insiden-insiden yang signifikan. Ada beberapa wilayah yang belum sempat melakukan pemungutan suara, terutama di pedalaman Papua. Di Sulawesi Barat, karena ombaknya besar. Hari ini di beberapa daerah juga melakukan pemungutan suara," ujar Tito.

Terkait daerah yang sebelumnya dinyatakan rawan, seperti Jakarta dan Aceh, Tito menyebut tak ada gangguan berarti. Situasi di kedua wilayah itu masih aman.

"Kemudian Jakarta yang selama ini jadi perhatian khusus, Aceh, juga aman. Besok saya akan ke Aceh untuk melaksanakan istighosah bersama 6 pasangan calon. DKI juga kita bersyukur dalam kondisi aman," imbuh Dia. [dtc]

Penulis: Dtc
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kapolri Berikan Perhatian Khusus pada Pilkada Banten

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top