Rabu, 19 Juni 2019 |
News Room - Hukum

Selama Masa Lebaran, Peserta BPJS Kesehatan Bisa Berobat di Mana Saja

Senin, 27 Mei 2019 | 16:29 WIB Dibaca: 220 Pengunjung

Press conference di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Serang, Senin (27/5/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Mulai dari H-7 sampai H+7 Lebaran 2019, atau tepatnya mulai tanggal 29 Mei 2019 sampai 13 Juni 2019, peserta JKN-KIS tetap bisa mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Serang, Khaterina Manurung saat Press Conference di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Serang, Senin (27/5/2019).

"Peserta JKN-KIS yang sedang mudik, kemudian membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, maka dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut." kata Khaterina.

Ia menjelaskan, untuk mengetahui daftar FKTP tersebut, peserta JKN-KIS dapat melihat di aplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

"FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan cabang Serang, hampir semuanya buka," jelasnya. 

Khaterina menerangkan, apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD Rumah Sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar. 

"Pada kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS. Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku. serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, maka akan dijamin dan dilayani. Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan menarik iur biaya dari peserta," tegas Khaterina. 

Ia juga menghimbau bagi para peserta yang mempunyai tunggakan, untuk segera disiplin membayar iuran, sebab menurut Khaterina, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya aktif.

"Untuk mengecek status kepesertaan dan melihat riwayat tagihan atau pembayaran iuran JKN-KIS, dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Selama Masa Lebaran, Peserta BPJS Kesehatan Bisa Berobat di Mana Saja
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top