Kamis, 29 Oktober 2020 |
News Room - Hukum

Dewan Pengupahan: UMK Kota Serang di Bawah Kebutuhan Hidup Layak

Rabu, 17 Mei 2017 | 19:29 WIB Dibaca: 1223 Pengunjung

Para Penggugat Adi Satria Lia Cs. saat mengikuti sidang gugatan UMK Kota Serang, Rabu (17/5/2017)

SERANG, [NEWSmedia] - Sidang lanjutan gugatan Upah Minimum (UM) Kota Serang, Majelis Hakim memanggil Sekretaris Dewan Pengupahan Kota Serang, Ratu Ani Nuraini untuk dimintai keterangan mengenai objek yang dijadikan sengketa, yaitu Keputusan Gubernur Banten tentang UMK Kota Serang.

Dalam kesaksiannya, Ratu Nuraini mengatakan, UMK Kota Serang Tahun 2017 masih berada di bawah Kebutuhan Hidup Layak (KHL) sehingga perlu adanya Penyesuaian, hal tersebut diperkuat dalam surat edaran Menteri Ketenagakerjaan di point ke delapan.

"Di situ (surat edaran menteri) disebutkan, bagi daerah yang upah minimumnya masih di bawah KHL, wajib menyesuaikan upah minimum sama dengan KHL," kata Ani, Rabu (17/5/2017).

Dia mengatakan, Dewan Pengupahan Kota Serang dari Unsur Serikat Pekerja meminta melakukan adjustment (penyesuaian) dan telah disepakati oleh unsur Pengusaha diangka Rp3.108.470.31.

"Rekomendasi UMK 2017 Kota Serang yang ditandatangai Wali Kota Serang dengan nomor 561/1086/DTKT/2016 adalah sesuai saran dan usulan Dewan Pengupahan Kota Serang dengan cara musyawarah antara unsur serikat pekerja dan pengusaha," terangnya.

Saat ditanya Hakim dengan Alasan apa Plt Gubernur menganulir rekomendasi Wali Kota, Ani pun berkata sampai saat ini pihaknya baik dari unsur Pengusaha, Pekerja dan Pemerintah belum mengetahui alasan kenapa Plt Gubernur menganulir rekomendasi Walikota Serang.

Sementara itu, Para Penggugat (Adi Satria Lia Cs) mempertegas dalam bukti surat yang diajukan tergugat kepada hakim, yaitu surat edaran Menteri Ketenagakerjaan di point 3, Gubernur dapat (Tidak Wajib) menetapkan upah minimum Kabupaten/Kota UMK untuk Kab/Kota tertentu (yang Mampu membayar upah minimum lebih tinggi dari UMP).

"Setelah mendengarkan para saksi yg dihadirkan kami berharap Majelis Hakim dapat memutus Perkara ini dengan seadil-adilnya," tegas Adi. [Ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Dewan Pengupahan: UMK Kota Serang di Bawah Kebutuhan Hidup Layak
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top