Sabtu, 28 Maret 2020 |
News Room - Politik - Banten Memilih

Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Kota Serang Dilaporkan Ke Bawaslu Banten

Sabtu, 10 Des 2016 | 17:00 WIB Dibaca: 2183 Pengunjung

Tim Advokasi WH-Andika yang melaporkan anggota DPRD Kota Serang ke Bawaslu Banten, Sabtu (10/12/2016).*

SERANG, [NEWSmedia] - Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Serang, Mohammad Ali Surohman dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten. Ali diduga memanfaatkan jabatannya sebagai anggota DPRD untuk mengkampanyekan pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Banten nomor urut 2, Rano Karno-Embay Mulya Syarief.

"Ini ada dugaan penggunaan program pemerintah (fasilitas DPRD Kota Serang) untuk sosialisasi pasangan calon nomor urut dua (Rano-Embay),” kata Ferry Renaldy, pihak pelapor ditemui di Kantor Bawaslu Provinsi Banten, Sabtu (10/12/2016).

Ferry yang merupakan tim Advokasi pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Banten nomor urut 1, Wahidin Halim-Andika Hazrumy mengungkapkan,  anggota DPRD Kota Serang dari PDI Perjuangan itu dianggap mengkampanyekan pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Banten nomor urut 2, Rano Karno-Embay Mulya Syarief saat mengikuti acara Asosiasi Dewan Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) yang diselenggarakan di Bogor, Jawa Barat, 8 Desember 2016.

Kampanye yang dimaksud adalah melakukan foto menggunakan ‘Salam Dua Jari’ yang merupakan simbol dari pasangan calon gubernur-wakil gubernur Rano-Embay. Foto yang juga melibatkan para pelajar tersebut diunggah oleh Mohammad Ali Surohman dalam akun facebook miliknya dengan nama Ali Soero.

“Walaupun acaranya di luar Banten, akan tetapi dia (Ali Soero-red) posting juga di facebook dan di situ ada komentar masyarakat Banten juga. Artinya dia memang punya niat untuk mengkampanyekan paslon nomor dua dengan salam dua jari dan melibatkan anak-anak sekolah,” terang Ferry.

Ia menilai tindakan anggota dewan tersebut telah melanggar Pasal 71 ayat 1 Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 dan Peraturan KPU nomor 12 tahun 2016 pasal 66 huruf H dan pasal 67 ayat 1 dan 2. “Ini kan memanfaatkan fasilitas negara, dan berangkatnya Ali Soero itu menggunakan anggaran negara dan kapasitasnya sebagai anggota dewan,” ucapnya.

Saat dikonfirmasi, Mohammad Ali Surohman membantah ‘Salam Dua Jari’ yang dilakukan adalah berkampanye untuk pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarief.

“Di situ kan nggak ada statement dukung Rano-Embay. Salam dua jari sangat universal, komunitas seluruh dunia banyak yang foto seperti itu. Orang di manapun foto selfie kadang tangannya dua. Itu simbol victory, damai,” kata Ali.

Ali mengakui foto tersebut telah diunggah di media sosial miliknya, namun itu dianggap tidak mengandung unsur kampanye. “Saya pikir terlalu berlebihan. Nggak ada unsur kampanye, kecuali ada semacam ajakan, ada tulisan Rano-Embay,” ucapnya. [ahi/vredo]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Kota Serang Dilaporkan Ke Bawaslu Banten

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top