Jumat, 22 Maret 2019 |
News Gallery - Lifestyle

Sederet Bahan Ampuh untuk Hilangkan Sensasi Pedas di Mulut

Senin, 11 Mar 2019 | 22:09 WIB Dibaca: 245 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Makan makanan yang pedas terkadang mengundang sensasi tersendiri. Tidak hanya meningkatkan selera, ternyata rasa pedas juga dapat menimbulkan rasa ketagihan.

Melansir dari food.ndtv.com, Minggu, 10 Maret 2019, sebenarnya pedas bukanlah rasa, melainkan rangsangan yang mengaktifkan reseptor rasa sakit dan mengirim sinyal ke otak secara langsung yang membantu Anda menafsirkan makanan sebagai pedas.

Saat Anda makan sesuatu yang sangat pedas dan mulut Anda seperti terbakar, berikut beberapa obat yang dapat membantu menghilangkan rasa pedas di mulut.

Susu

Seteguk susu dingin akan menenangkan mulut Anda dan menghilangkan sensasi terbakar. Protein yang disebut kasein yang ada dalam produk susu membantu memecah capsaicin (komponen aktif dari cabai) dan menawarkan sedikit efek samping. Susu adalah minuman pilihan untuk menenangkan makanan pedas.

Tidak seperti air, yang terdiri dari molekul polar, kasein adalah non-polar. Hal ini menghasilkan penolakan, yang berarti mengikat dengan capsaicin dan dengan demikian mencegah mencapai reseptor rasa sakit di mulut.

Gula atau Madu

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa rasa manislah yang melawan rasa pedasnya, kebenaran bukan demikian. Jika Anda memiliki sesendok saus pedas yang luar biasa, mungkin ada baiknya Anda pergi ke dapur dan menaruh setengah sendok teh gula atau madu di lidah Anda.

Jika Anda memiliki gula batu, Anda dapat mengisap satu untuk bantuan serupa. Capsaicin berbahan dasar minyak diserap oleh gula atau madu dan dengan demikian membantu Anda merasa lebih baik.

Pati

Makanlah roti atau nasi, di dalamnya mengandung pati yang dapat dijadikan penghalang alami antara capsaicin dan mulut Anda. Kentang juga bisa membantu, pastikan untuk merebus kentang terlebih dahulu.

Sepotong roti mentah akan membantu menenangkan mulut Anda dengan cepat. Bahkan, Anda bisa makan nasi rebus yang akan membantu bertindak sebagai penyerap.

Tomat dan Lemon

Meskipun mengejutkan, ini memiliki dasar dalam sains murni. Keasaman rempah bisa dinetralkan dengan makanan alkali ini. Ambil piring salad dan berikan tambahan tomat beberapa potong.

Jeruk, nanas dan jus lemon memiliki sifat serupa. Anda bisa berkumur menggunakan jus tomat, selain dapat membantu meredakan bisul di mulut, tomat juga ampuh untuk menghilangkan rasa pedas di mulut. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Sederet Bahan Ampuh untuk Hilangkan Sensasi Pedas di Mulut

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top