Rabu, 15 Agustus 2018 |
News Room

Sebentar Lagi, Kapal Roro Merak-Bakauheni Gunakan Bahan Bakar Ganda

Selasa, 25 Jul 2017 | 14:57 WIB Dibaca: 545 Pengunjung

Ilustrasi.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Memanfaatkan berlimpahnya gas bumi yang dimiliki oleh Indonesia, serta untuk mengurangi emisi gas buang dan memakai bahan bakar yang ramah lingkungan, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) bersama PT ASDP Indonesia Ferry melakukan kerjasama joint study pengoperasian kapal roro berbahan bakar ganda (dual-fuel) di lintasan Merak-Bakauheni.

Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan, melalui kesepakatan ini PGN dan ASDP dapat melakukan kajian bersama pengoperasian kapal baru dual fuel di Merak-Bakauheni. Dengan kerja sama ini kapal baru tersebut akan melintas di Merak-Bakauheni menggunakan dua bahan bakar dengan komposisi 70% Liquefied Natural Gas (LNG) dan 30% solar.

"Kami senang dengan kerja sama yang terus berkelanjutan antara PGN dengan ASDP. Di samping itu, kami terus berupaya meningkatkan pemanfaatan gas bumi dari berbagai sektor, termasuk di antaranya transportasi laut, kata Jobi usai menyaksikan penandatanganan kerjasama PGN-ASDP tersebut," ujarnya di Kantor PGN Pusat, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Pendatangan perjanjian kerjasama ini dilakukan oleh Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan PGN Gigih Prakoso dan Direktur Teknik dan Operasional ASDP La Mane, serta disaksikan Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim dan Direktur Utama ASDP Faik Fahmi.

Sementara itu, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi menambahkan, bahwa pihaknya merespons positif kesepakatan antara ASDP dengan PGN terkait kajian bersama pengoperasian kapal baru dual-fuel di Merak-Bakauheni tersebut.

Hal ini tentu sejalan dengan Peraturan Presiden RI Nomor 5 Tahun 2006 Tentang Kebijakan Energi Nasional dan peraturan internasional terkait pengaturan bahan bakar gas untuk kapal, di antaranya International Maritime Organization (IMO), IGF Code, MARPOL Annex VI, International Organization for Standardization (ISO) dan ISO 28460:2010 Installation and Equipment for LNG Ship to Shore Interface and Port Operations.

“Dengan kerja sama ini, diharapkan penggunaan bahan bakar dari kapal baru yang akan melintas di Merak-Bakauheni nanti akan lebih efisien dan tentunya ramah lingkungan karena karena menggunakan dua bahan," tandasnya. [okz]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Sebentar Lagi, Kapal Roro Merak-Bakauheni Gunakan Bahan Bakar Ganda
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top