Minggu, 25 Juli 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Sebelum Lari ke Obat Penenang, Ini Saran Dokter Melawan Insomnia

Sabtu, 05 Agt 2017 | 01:02 WIB Dibaca: 1093 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Publik dikejutkan dengan kabar yang menyebutkan Tora Sudiro bersama sang istri Mieke Amalia ditangkap polisi karena memiliki Dumolid. Di kalangan medis, Dumolid atau nitrazepam merupakan obat penenang yang dipakai untuk mengatasi insomnia.

Pakar tidur dari RS Medistra Jakarta, dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT menyebut susah tidur bisa terjadi antara lain karena perubahan pola tidur. Aktivitas sehari-hari yang terlalu padat, kadang ikut berkontribusi.

"Seperti jam kerjanya, jadi kebalik tidur siang malamnya kerja, atau karena hubungan ke luar negeri jadi berantakan," terang dr Rimawati, saat dihubungi, Jumat (4/8/2017).

Menurut dr Rima, ada berbagai cara yang bisa dilakukan ketika mengalami susah tidur. Salah satunya adalah menerapkan sleep hygiene. Tempat tidur harus dalam kondisi senyaman mungkin agar lebih mudah terlelap.

Kebiasaan membuka-buka gadget sebelum tidur, perlu ditinggalkan untuk menjaga pola tidur yang sehat. Demikian juga dengan benda-benda atau perangkat lain yang tidak ada hubungannya dengan tidur, sebaiknya dijauhkan agar tidak mengusik pikiran.

Stres karena pikiran tidak tenang, adalah penyebab utama susah tidur. Dan jika telanjur mengalami stres, maka dr Rima menyarankan terapi cognitive behavioral. Jadi tidak perlu buru-buru lari ke obat penenang dengan berbagai efek samping dan risiko kencanduan. Coba dulu cara-cara alternatifnya ya! [hdt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Sebelum Lari ke Obat Penenang, Ini Saran Dokter Melawan Insomnia
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top