Jumat, 18 Januari 2019 |
News Room - Kesehatan

Sebaran Debu Vulkanik Hujani Cilegon

Kamis, 27 Des 2018 | 13:01 WIB Dibaca: 153 Pengunjung

Foto ilustrasi

CILEGON, [NEWSmedia] - Sisa sebaran abu vulkanik dari Gunung Anak Krakatau membuat sebagian wilayah di Banten jadi berdebu. Masyarakat diimbau untuk mengenakan masker agar terhindar dari penyakit gangguan pernapasan, seperti ISPA.

Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan pantauan kondisi cuaca dan sebaran debu vulkanik Gunung Anak Krakatau, yang terjadi pada 26 Desember 2018 per pukul 19.00 WIB. Terlihat pola sebaran debu vulkanik menuju ke arah Barat Daya sampai Barat, hingga mencapai ketinggian 10 km.

Meski terjadi sebaran debu vulkanik, namun tidak terpantau hujan di wilayah tersebut. Anda juga tak perlu khawatir akan tsunami susulan sementara waktu.

Karenanya, masyarakat yang tinggal di wilayah Banten diingatkan untuk menggunakan masker sebagai pelindung diri. Tak cukup itu, Anda juga harus memakai kacamata saat keluar rumah agar terhindar dari dampak sebaran debu vulkanik.

"Jangan lupa sobat, selalu gunakan masker dan kacamata jika hendak keluar rumah," seru BMKG lewat Twitter, sehari lalu.

Dilansir dari Alaskasleep, Kamis (27/12/2018), penggunaan masker wajah ideal untuk menjaga pernapasan mulut dan hidung dari ancaman debu. Sehingga, dampaknya bisa mencegah penyakit gangguan pernapasan yang fatal akibatnya.

Masker wajah juga ideal untuk melindungi pasien yang mebgalami sumbatan hidung atau sering tersumbat, karena alergi atau gejala pilek. Terlebih, tidak menularkan penyakitnya ke orang lain.

Sementara itu, penggunaan kacamata juga diharuskan agar bagian mata terhindar dari debu vulkanik, yang dapat mengganggu penglihatan, kemasukan debu, dan sebagainya. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Sebaran Debu Vulkanik Hujani Cilegon
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top