Minggu, 05 Juli 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Saus Tomat Ternyata Bisa Cegah Kanker

Minggu, 26 Agt 2018 | 06:32 WIB Dibaca: 524 Pengunjung

Saus Tomat.*

[NEWSmedia] - Banyak orang yang memiliki kebiasaan harus ada saus sambal ketika makan. Mereka menganggap makan kurang nikmat bila tidak ada saus sambal. Berbanding terbalik, jarang sekali rasanya orang yang mencari saus tomat ketika makan. Kecuali memang di resep masakan dianjurkan untuk menambahkan saus tomat. Tapi siapa sangka, saus tomat malah memberikan manfaat bagi kesehatan.

Sebuah penelitian baru menyarankan saus tomat yang dimasak seperti saus spaghetti, pasta, dan pizza, termasuk saus tomat botolan dapat melindungi tubuh dari kanker. Hasil itu didapatkan setelah peneliti di Universitat Spanyol Politecnica de Valenicia mempelajari ekstrak buah berwarna merah itu. Berdasarkan penelitian, tomat memiliki antioksidan yang membantu dalam sistem pencernaan dan melindungi sel-sel dari kerusakan.

Tomat mengandung likopen yang memberikan zat warna merah. Zat kimia inilah yang meningkatkan efek probiotik dan mendorong pertumbuhan bakteri sehat dalam usus. Likopen memberikan manfaat yang lebih baik apabila saus tomat dimasak karena tetap bertahan dan membuatnya lebih pekat. Hal ini menjadi penting karena artinya semakin banyak likopen yang diserap oleh tubuh.

Para peneliti juga meneliti lactobacillus reuteri yaitu salah satu bakteri terpenting untuk kesehatan usus yang hidup alami di dalam tubuh. Pada saat proses pencernaan tomat, bakteri ini menghentikan penyerapan beberapa antioksidan dari tomat. Akan tetapi antioksidan tersebut membantu bakteri untuk lebih efektif dalam usus.

Selain itu, dalam penelitian itu juga para peneliti meneliti efek seluruh ekstrak tomat terhadap kanker lambung. Hasilnya menunjukkan tomat dapat memperlambat kemampuan sel kanker untuk menyebar dan pada akhirnya menyebabkan kematian sel. Ekstrak tomat juga memberikan manfaat yang sama untuk kanker perut dan kanker prostat.

Meskipun hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa saus tomat memberikan manfaat bagi tubuh dalam hal pencegahan kanker, peneliti berharap diadakan penelitian lebih lanjut. Dengan lebih banyak penelitian, maka diharapkan berbagai jenis kanker bisa dicegah dan saus tomat bisa digunakan sebagai sarana untuk mendukung perawatan kanker konvensional. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Saus Tomat Ternyata Bisa Cegah Kanker

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top