Kamis, 24 September 2020 |
News Room

Satu Pulau di Kabupaten Serang Hilang Akibat Reklamasi?

Kamis, 18 Mei 2017 | 22:06 WIB Dibaca: 1478 Pengunjung

Lokasi Pulau Cikantung, Kabupaten Serang berdasarkan google map.*

SERANG, [NEWSmedia] - Pulau Cikantung, sebuah pulau kecil di perairan Bojonegara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten hilang. Pulau tersebut kini telah menyatu dengan daratan. Diduga, pulau tersebut hilang akibat reklamasi.

Titin Kholawiyah, warga Kepuh, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang mengungkapkan, Pulau Cikantung selama ini menjadi tempat bagi warga mencari kerang, terutama pada saat ‘Bulan Haji’. Selain itu, ada tradisi warga yang membawa anak ke pulau tersebut setelah disunat atau dikhitan.

“Biasanya warga yang baru disunat akan dibawa ke Pulau Cikantung untuk ziarah ke Buyut Cikantung. Sekarang hal itu tentu tidak bisa dilakukan lagi,” ujarnya.

Titin mengaku kecewa setelah mengetahui Pulau Cikantung menyatu menjadi daratan. Pulau tersebut lokasinya berada di kordinat Latitude: -5°57’52.85″Longitude: 106°6’25.34″

Menurutnya, dengan hilangnya Pulau Cikantung, menambah catatan hilangnya pulau-pulau kecil di sekitar Bojonegara, Kabupaten Serang. Sebab sebelumnya, pulau kecil lain di perairan Bojonegara itu, yakni Pulau Kemanisan hilang dan menyatu dengan daratan. Pulau Kemanisan kini menjadi bagian dari lahan perusahaan.

“Pulau Cikantung sekarang sudah menyatu dengan daratan akibat reklamasi. Saya tidak tahu perusahaan apa yang melakukan reklamasi itu, yang pasti pulau itu kini akan hilang,” ungkapnya.

“Sakit dan sedih. Itulah yang kami rasakan. Pemerintah seharusnya hadir untuk menjawab itu semua. Kehadiran pemerintah jangan hanya selogan semata,” sambung Titin. [igo-beritakarya/ard]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Satu Pulau di Kabupaten Serang Hilang Akibat Reklamasi?
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top