Kamis, 13 Mei 2021 |
News Gallery - Lifestyle

Sarapan Sebaiknya 1 Jam Setelah Bangun Tidur? Baca Ini

Minggu, 26 Mar 2017 | 09:30 WIB Dibaca: 1042 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Setelah bangun tidur di pagi hari, perut biasanya sudah keroncongan dan minta diisi. Nggak tahan rasanya untuk langsung sarapan yang mengenyangkan. Tapi tahu nggak kalau sebenarnya sarapan itu sebaiknya satu jam setelah bangun tidur?

Mengatur pola makan dan jadwal makan yang tepat merupakan salah satu langkah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Termasuk dalam urusan sarapan yang sangat penting dalam keseharian kita. Dan jadwal sarapan yang sangat disarankan adalah satu jam setelah bangun tidur, berikut alasannya.

Meningkatkan Mood dan Kinerja Otak
Makan satu jam setelah bangun tidur membantu meningkatkan suasana hati dan kinerja otak. Sarapan satu jam setelah makan juga bisa membantu kinerja otak jadi lebih baik dalam hal mengingat dan berkonsentrasi. 

Menjaga Sistem Metabolisme Tubuh
Sarapan satu jam setelah bangun tidur bisa membangun kadar gula tubuh dan insulin yang baik. Selain itu juga bisa membantu menjaga sistem metabolisme tubuh yang lebih baik. Saat tidur, metabolisme menurun dan sarapan menjadi starter untuk memulai metabolisme, dan akan lebih baik lagi jika makanan dikonsumsi pada pagi hari dan masuk ke dalam tubuh adalah sayur dan buah.

Mencegah Kalap Makan (Overeating) di Siang Hari
Jangan sampai kita melewatkan sarapan. Kenapa? Soalnya ketika kamu tidak sarapan satu jam setelah bangun tidur, kemungkinan besar kamu akan makan makanan rendah nutrisi dan tinggi kalori menjelang siang karena perut merasa kelaparan. Jadinya malah kalap di siang hari dan bisa memicu nafsu makan yang tak terkendali. 

Biasanya antara jam 8-11 siang, kita jadi sulit menahan godaan untuk ngemil makanan tak sehat seperti keripik, roti, permen dan lain sebagainya. Karena tak sarapan dan perut sudah lapar, akhirnya kamu terjebak makan makanan tak bergizi. Ini yang membuatmu gemuk. So, cegah dengan sarapan sehat di pagi hari ya biar kebutuhan kalori bisa terpenuhi dengan baik.

Yuk, lebih rutin lagi sarapan sehat satu jam setelah bangun tidur. Imbangi juga dengan olahraga rutin dan istirahat yang cukup agar tidak gampang jatuh sakit. [vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Sarapan Sebaiknya 1 Jam Setelah Bangun Tidur? Baca Ini
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top