Sabtu, 16 Februari 2019 |
News Gallery

Sanim, Tukang Becak yang Pantang Menyerah, Kini Menjadi Jutawan

Jumat, 07 Okt 2016 | 01:00 WIB Dibaca: 970 Pengunjung

Sanim, tukang becak yang sukses mempunyai pabrik garam.*

[NEWSmedia] - Sanim adalah warga Cirebon yang berhasil keluar dari garis kemiskinan karena sukses memanfaatkan peluang usaha di wilayahnya, garam dan pupuk. Sanim berasal dari Desa Rawa Urip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Dua usaha yang dijalani setelah mengayuh becak, ialah memimpin pabrik pembuatan garam juga pupuk organik. Kini, dia sudah memiliki 10 mobil dan 2 pabrik besar.

Awalnya, semasa menjadi tukang becak Sanim sering mangkal di persimpangan Jalan Cirebon. Disitu berdiri pabrik garam yang cukup besar. Lama-lama Sanim merasa tertarik untuk melamar kerja di pabrik tersebut, dengan harapan nasibnya bisa lebih baik.

“Setelah dua bulan bekerja, saya pun berpikir, daerah kita kan punya potensi garam, loh kenapa saya tidak bisa membuat garam sendiri,” ungkapnya.

Menyadari potensi tersebut, Sanim berhenti kerja dari pabrik garam sebab menurutnya usaha garam mampu mengeruk keuntungan yang lebih besar.

Ilmu pertama yang dipraktekkan mulai dari cara membuat garam krosok. Sanim menggarap empang peninggalan orang tuanya yang berada di belakang rumahnya, mencoba proses pembuatan garam.

“Alhamdulillah, lama-lama usaha saya berkembang, sampai yang awalnya usaha di halaman belakang rumah, lalu berkembang dan kita bisa membeli tanah untuk tempat produksi yang lebih luas lagi,” jelas Sanim yang kini mampu mengantarkan keempat anaknya meraih gelar sarjana. [Penulispro/04]

Penulis: Nm
Editor: Redaktur-02
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Sanim, Tukang Becak yang Pantang Menyerah, Kini Menjadi Jutawan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top