Rabu, 28 Oktober 2020 |
News Room - Banten Memilih

Salut! Warga Lebak Jadikan Rumah Gubuknya untuk Posko Pemenangan WH-Andika

Minggu, 23 Okt 2016 | 20:55 WIB Dibaca: 4263 Pengunjung

Bakal Calon Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di rumah warga yang dijadikan Posko Pemenangan WH-Andika.*

LEBAK, [NEWSmedia] - Dukungan terhadap pasangan bakal calon gubernur-calon wakil gubernur rupanya tidak hanya muncul dari masyarakat perkotaan, tetapi juga hingga perkampungan. Bahkan ada seorang warga di salah satu kampung di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, menjadikan rumah gubuknya sebagai Posko Pemenangan WH-Andika.

Bakal calon Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy langsung mengecek lokasi setelah mendapat kabar dari relawan bahwa ada warga yang berinisiatif menjadikan rumahnya sebagai Posko Pemenangan WH-Andika.

Andika pun mengaku terharu setelah melihat kondisi rumah warga yang dijadikan sebagai Posko Pemenangan WH-Andika, termasuk kategori rumah tidak layak huni. Bahkan, secara ekonomi pemilik rumah itu masuk kategori masyarakat ekonomi tingkat bawah.

“Saya tentu terharu. Ada warga peduli akan kemajuan Banten. Bahkan rela rumahnya yang saya lihat tidak layak huni, dijadikan posko bagi tim kami,” kata Andika usai meresmikan rumah tersebut menjadi Posko Pemenangan WH-Andika, Jumat (21/10/2016).

Menurut Andika, posko rakyat yang dibuat ini sebagai dukungan kepada dirinya untuk menguatkan pasangan WH-Andika menjalankan program kerakyatan jika terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2017-2022.

“Ke depan, program rehabilitasi rumah tidak layah huni ini harus diperbanyak, diperbesar,” ucap Andika.

Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Golkar ini pun mengatakan, pemerintah semestinya melakukan pendataan yang akurat terhadap jumlah RTLH di Banten. “Diestimasi seberapa lama RTLH dapat dituntaskan dengan kemampuan anggaran yang ada,” tuturnya.

Jika telah diperoleh data yang akurat, lanjut Andika, pemerintah dapat mengukur lama serta kemampuan dan ekspansi program rehabilitasi RTLH. Selain dianggarkan di APBD, dukungan APBN juga diperlukan.

“Lalu ekspansinya dapat dikoordinasikan dengan program CSR dan badan amil zakat,” ujarnya.

Menurut Andika, perda tentang Corporate Social Responsibility (CSR) berupa bantan sosial dari perusahaan dapat diproyeksikan untuk program rehabilitasi RTLH. “Demikian pula lembaga zakat pemerintah atau mandiri inisiatif masyarakat, dapat diajak duduk bersama mengambil bagian untuk program ini,” katanya.

Namun, Andika juga meminta masyarakat untuk lebih responsif mengakses program pemerintah yang telah ada. “Masyarakat harus ambil bagian memberikan informasi kepada pemerintah secara partisipatif. Agar program pemerintah tepat sasaran,” tandasnya.

Sementara itu, Relawan WH-Andika dari Kecamatan Rangkasbitung, Wiwin Purwini mengatakan, bakal calon gubernur maupun calon wakil gubernur harus dibawa melihat kondisi masyarakat yang masih berada di garis kemiskinan.

“Pak Andika kami ajak untuk melihat perkampungan yang perlu diperhatikan. Semoga ketika bersama Pak WH memimpin Banten, punya program yang nyata untuk warga miskin. Kami yakin, WH-Andika punya dan mampu melaksanakan program tersebut,” ujarnya. [bd]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Salut! Warga Lebak Jadikan Rumah Gubuknya untuk Posko Pemenangan WH-Andika
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top