Selasa, 02 Maret 2021 |
News Room - Politik

RUU Belum Diundangkan, KPU Tetap Lakukan Persiapan Pemilu 2019

Senin, 24 Jul 2017 | 16:07 WIB Dibaca: 730 Pengunjung

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Walaupun Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sudah mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu. Namun, KPU belum bisa mengeksekusi tahapan Pemilu Serentak 2019, karena masih menunggu aturan pemilu tersebut ditetapkan sebagai undang-undang. 

Menurut Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, KPU masih menunggu aturan pemilu tersebut ditetapkan undang-undang. Tetapi, KPU sudah biasa menangani hal ini sehingga sudah membuat persiapan-persiapan terlebih dahulu.

“Walaupun belum ditetapkan jadi undang-undang, KPU akan melakukan tahapan-tahapan persiapan sejauh yang kami bisa bereskan dulu. Misalnya, membuat turunan UU Pemilu itu menjadi Peraturan KPU (PKPU),” ujarnya, Senin (24/7/2017).

Ia mengungkapkan, KPU saat ini terus melakukan rapat-rapat untuk menyukseskan Pemilu 2019. Seperti hari ini, lembaga penyelenggara pemilu itu baru saja membahas perihal jumlah PKPU yang perlu disempurnakan. Lalu, biro mana saja yang akan memegang tanggung jawabnya.

“Jadi, kira-kira akan ada 12-15 PKPU yang akan disesuaikan. Memang sudah ada UU baru, tetapi kami tetap sesuaikan dengan UU Pemilu 2014. Nanti teknisnya bagaimana, akan disiapkan,” terangnya.

Sesuai ketentuan dalam undang-undang, KPU idealnya sudah harus memulai tahapan pelaksanaan pemilu 20 bulan sebelum hari pemungutan suara. Jika hari pemungutan suara serentak (legislatif dan presiden) yang sudah disepakati tidak berubah, yakni pada 17 April 2019. Itu berarti, KPU harus sudah mengeksekusi UU Pemilu pada pertengahan Agustus 2017.

Pada tahap ini, semua keputusan sudah sepenuhnya berada di tangan KPU. Namun begitu, mereka tetap harus mengonsolidasikan PKPU dengan DPR melalui rapat dengar pendapat umum (RDPU). Ini yang nantinya tetap akan memakan waktu, meskipun keputusannya sudah tidak mengikat menurut uji materi Mahkamah Konstitusi Pasal 9 Huruf a UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. [okz]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

RUU Belum Diundangkan, KPU Tetap Lakukan Persiapan Pemilu 2019
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top